23 June 2024 - 14:39 14:39

Harga Gabah Anjlok, Wapres JK Angkat Suara

WartaPenaNews, Jakarta – Beberapa hari terakhir terjadi gejolak harga gabah. Saat musim panen di sejumlah daerah, harga gabah kering panen malah anjlok menjadi Rp2.500 per kg. Padahal, harga pemberian pemerintah (HPP) adalah Rp4.000 per kg.

Kasus anjloknya harga gabah, antara lain, terjadi di Jember, Jawa Timur. Sejumlah petani bahkan sempat demo dengan membakar gabah kering. Kasus serupa juga terjadi di Jombang.

Merosotnya harga gabah tersebut disinggung Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) dalam silaturahmi kebangsaan di Kota Makassar kemarin (31/3). Acara tersebut diselenggarakan oleh Jenggala Center Sulawesi Selatan.

Setelah menyampaikan pidato sekitar 20 menit, JK membuka sesi dialog. Seorang undangan mengeluhkan harga kebutuhan pokok. Termasuk di antaranya harga beras. Menjawab keluhan tersebut, Wapres JK menuturkan bahwa komoditas beras berbeda dengan cokelat. Sebab, cokelat itu diimpor dan kalau harganya naik, pendapatan masyarakat ikut naik.

Sedangkan harga beras tidak demikian. Jika ada kenaikan harga, maka berpengaruh pada biaya hidup. “Ya 60 persen (pengeluaran, red) untuk makan. Maka ongkos hidupnya akan naik,” jelasnya.

Sebaliknya, harga beras atau gabah tidak bisa begitu saja diturunkan. Sebab, jika harga beras atau gabah diturunkan, akan menimbulkan masalah di kalangan petani. “Maka di situlah fungsi Bulog (Badan Urusan Logistik),” kata JK.

Dia menegaskan bahwa tugas Bulog adalah membuat harga gabah atau beras menjadi stabil. JK mengingatkan, jika harga beras atau gabah di tingkat petani turun, maka Bulog membeli dari petani sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Sebaliknya, ketika harga beras naik, Bulog melakukan operasi pasar. Caranya dengan menjual stok yang dimiliki Bulog ke masyarakat sesuai dengan harga acuan. “Saya pernah kepala Bulog. Meskipun enam bulan,” tuturnya.

Meskipun begitu untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, pemerintah sudah memberikan sejumlah bantuan. Seperti beras murah dan program beras sejahtera (rastra). Selain itu juga masih ada sejumlah program bantuan sosial (bansos).

Sebelumnya menyikapi anjloknya harga gabah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerukan larangan transaksi gabah yang tidak sesuai Keputusan Presiden. Menurut Amran, di regulasi tersebut, harga terendah gabah adalah Rp4.070 per kg. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03