20 April 2024 - 05:04 5:04

Harga Gabah Anjlok, Wapres JK Angkat Suara

WartaPenaNews, Jakarta – Beberapa hari terakhir terjadi gejolak harga gabah. Saat musim panen di sejumlah daerah, harga gabah kering panen malah anjlok menjadi Rp2.500 per kg. Padahal, harga pemberian pemerintah (HPP) adalah Rp4.000 per kg.

Kasus anjloknya harga gabah, antara lain, terjadi di Jember, Jawa Timur. Sejumlah petani bahkan sempat demo dengan membakar gabah kering. Kasus serupa juga terjadi di Jombang.

Merosotnya harga gabah tersebut disinggung Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) dalam silaturahmi kebangsaan di Kota Makassar kemarin (31/3). Acara tersebut diselenggarakan oleh Jenggala Center Sulawesi Selatan.

Setelah menyampaikan pidato sekitar 20 menit, JK membuka sesi dialog. Seorang undangan mengeluhkan harga kebutuhan pokok. Termasuk di antaranya harga beras. Menjawab keluhan tersebut, Wapres JK menuturkan bahwa komoditas beras berbeda dengan cokelat. Sebab, cokelat itu diimpor dan kalau harganya naik, pendapatan masyarakat ikut naik.

Sedangkan harga beras tidak demikian. Jika ada kenaikan harga, maka berpengaruh pada biaya hidup. “Ya 60 persen (pengeluaran, red) untuk makan. Maka ongkos hidupnya akan naik,” jelasnya.

Sebaliknya, harga beras atau gabah tidak bisa begitu saja diturunkan. Sebab, jika harga beras atau gabah diturunkan, akan menimbulkan masalah di kalangan petani. “Maka di situlah fungsi Bulog (Badan Urusan Logistik),” kata JK.

Dia menegaskan bahwa tugas Bulog adalah membuat harga gabah atau beras menjadi stabil. JK mengingatkan, jika harga beras atau gabah di tingkat petani turun, maka Bulog membeli dari petani sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Sebaliknya, ketika harga beras naik, Bulog melakukan operasi pasar. Caranya dengan menjual stok yang dimiliki Bulog ke masyarakat sesuai dengan harga acuan. “Saya pernah kepala Bulog. Meskipun enam bulan,” tuturnya.

Meskipun begitu untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, pemerintah sudah memberikan sejumlah bantuan. Seperti beras murah dan program beras sejahtera (rastra). Selain itu juga masih ada sejumlah program bantuan sosial (bansos).

Sebelumnya menyikapi anjloknya harga gabah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerukan larangan transaksi gabah yang tidak sesuai Keputusan Presiden. Menurut Amran, di regulasi tersebut, harga terendah gabah adalah Rp4.070 per kg. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03