28 Januari 2023 - 08:36 8:36
728x90

Hari Gizi Nasional, Dokter: Momentum Perkuat Pencegahan Stunting

wartapenanews.com – Dalam memperingati Hari Gizi Nasional, Ikatan Dokter Anak Indonesia mengadakan seminar kesehatan mengenai pencegahan stunting pada anak secara daring, Selasa (24/1/2023).

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Prod. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Ph.D, SpA(K) menyatakan bahwa kekurangan gizi dapat menjadi penyebab anak terkena stunting.

“Mulainya dari kekurangan gizi ya, mulanya anaknya kenaikan berat badanya itu tidak cukup atau weight faltering,” kata Damayanti.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa jika tidak dicari penyebabnya, maka anak tersebut akan mengalami under weight. Yang nantinya daya tahan tubuh pada anak menurun dan terjadinya gizi buruk.

“Ini mempengaruhi pembentukan hormon pertumbuhan, pertumbuhan tinggi badan juga berhenti. Kalau tidak segera diatasi, sampai ke titik stunting,” tambahnya.

Selain itu, Kekurangan gizi pada anak juga dipengaruhi oleh kondisi fisik ibu. Mulai dari gizi, tingkat kewarasan sampai ASI. Maka dari itu, anak secara berkala harus diperiksa apakah ia terkena kenaikan berat badannya tidak cukup atau weight faltering.

“Bagaimana tahu, Kita tahu dengan cara menimbang setiap satu bulan ya. Lalu kita perbaiki, karena kita tahu ASI itu terbaik, kita perbaiki dulu laktasinya, kalau management laktasinya bagus ya teruskan ASI eksklusif sambil dipantau juga,” papar Damayanti.

Sementara itu, Damayanti menegaskan bahwa jika anak diketahui terkena weight faltering segera lapor ke dokter untuk ditindak lanjuti. Apakah anak tersebut terkena stunting atau tidak.

“Begitu anaknya weight faltering, segera cari dokter untuk mencari tahu kenapa anaknya berat badannya enggak naik, dengan itu kita bisa mencegah stunting pada anak” tutupnya.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 08:30
Konsumen Meikarta Minta Duitnya Dikembalikan Sudah 3 Tahun Belum Dibangun

wartapenanews.com - Konsumen apartemen Meikarta yang merupakan proyek ikonik dari Grup Lippo, mundur teratur. Termasuk Rosalina Gozal, jadwal serah terima kunci lewat 3 tahun, namun apartemennya masih berbentuk tanah. Alias

01
|
28 Januari 2023 - 08:06
Serang Jemaah, Inggris dan AS Kutuk Aksi Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Inggris mengutuk serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Dalam peristiwa ini tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka. "Menyerang jemaah di sinagoga pada

02
|
28 Januari 2023 - 07:33
7 Orang Tewas Dalam Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka akibat serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Korban luka langsung dibawa ke rumah sakit, termasuk wanita

03