6 May 2024 - 13:04 13:04

Hasil Survei LSI Denny JA Mei 2023: Pilpres 2024 Bakal Dua Putaran, Prabowo Capres Pertama yang Potensial Lolos

Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby usai memaparkan hasil survei pada awak media di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/5) siang. Foto: Joesvicar Iqbal/ipol.id

IPOL.ID – Sembilan bulan jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto adalah Calon Presiden (Capres) pertama memenuhi ambang batas potensial minimal lolos putaran kedua.

Jika Pilpres diikuti tiga pasangan calon, maka hampir dipastikan Pilpres 2024 akan dilangsungkan dalam dua putaran. Setiap capres harus mencapai minimal dukungan 33.3% agar bisa lolos ke putaran kedua.

Hal tersebut diungkapkan dalam hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada bulan Mei 2023, menemukan bakal calon presiden (Bacapres) Partai Gerindra, Prabowo Subianto, berpotensi lolos pada Pilpres 2024.

Karena adanya tiga Bacapres selain Prabowo yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan, LSI Denny JA mengungkap, pada Pilpres 2024 bakal diadakan hingga dua putaran.

Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, Prabowo sebagai satu-satunya Bacapres berpotensi lolos dalam dua putaran. Hal tersebut berdasar hasil temuan survei yang menyatakan Prabowo masih memperoleh elektabilitas tertinggi dibandingkan dua bacapres lainnya.

“Prabowo unggul sementara dalam survei yang kita laksanakan di bulan Mei 2023 ini, dan bacapres pertama yang potensial masuk putaran kedua,” kata Adjie ketika memaparkan hasil survei di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/5) siang.

Adjie menyebutkan, perolehan elektabilitas Menteri Pertahanan di kabinet jilid II Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, dilakukan dengan survei pertanyaan tertutup kepada responden. Pertanyaan tersebut didasari pada perhelatan Pilpres 2024 jika terdapat 3 nama capres.

“Ini kami peroleh melalui pertanyaan tertutup yang diajukan ke responden, yakni ditanyakan jika pilpres 2024 diadakan dengan tiga nama capres,” ujar Adjie.

Adjie mengungkapkan, perhelatan pilpres yang mengharuskan tiga putaran memerlukan ambang batas perolehan suara dalam pemilu. Ambang batas perolehan suara itu, lanjut dia, ditentukan dengan angka yang disebut sebagai the magic number.

“Kalau memang terjadi dalam dua putaran, maka capres harus mencapai angka yang kita sebut the magic number, angka batas minimal atau angka di ambang minimal yang harus dicapai oleh capres agar bisa lolos ke putaran kedua,” terang Adjie.

Dalam hal ini, berdasarkan hasil surveinya, Adjie menegaskan, Prabowo berada di angka 33,9 persen, Ganjar di angka 31,9 persen dan Anies 20,8 persen. Sisa 13,4 persen responden masih belum menentukan pilihan atau tidak tahu atau tidak menjawab.

“Oleh karena itu, dari tiga nama capres itu yang sudah capai batas ambang minimal untuk lolos putaran kedua adalah Capres Prabowo dengan angka 33,9 persen,” terang Adjie.

Sehingga jika muncul tiga capres di 2024, diungkapnya, maka pertama, Prabowo bisa unggul. Karena ada sinyal Jokowi ke Prabowo.

Dari ketiga nama capres (Prabowo, Ganjar, dan Anies), Prabowo lebih kuat asosiasinya sebagai sosok strong leader yang mampu menumbuhkan ekonomi.

Bencana COVID-19 selama tiga tahun sudah memporak porandakan ekonomi Indonesia. Kebutuhan akan pemimpin untuk menumbuhkan ekonomi akibatnya semakin tinggi.

Spektrum politik Indonesia juga beragam, dengan kepentingannya masing-masing. Prabowo dipandang sebagai pemimpin yang tegas dan kuat, serta fasih dalam merangkul berbagai pihak.

Kedua, dukungan ke Ganjar akan menurun, namun pilihannya rasional, Ganjar tokoh di PDIP yang potensial menang untuk bertarung di Pilpres 2024. Tetapi imagenya melemahkan, karena sebagai petugas partai dengan aroma petugas partainya kental.

Namun, katanya, publik juga melihat ada suasana batin antara Jokowi dengan Ganjar. Orang melihat Ganjar ada beban di tengah partainya sendiri.

“Ketiga, Anies meski posisi paling buncit punya peluang lolos berkaca pada Pilkada DKI. Polarisasi ujungnya akan menguntungkan siapa, apakah akan ada tambahan elektabilitas pada Anies di putaran kedua akan dilihat nanti,” tukasnya.

Kalau nantinya muncul pasangan tiga tokoh ini akan rumit nantinya. Dibutuhkan sosok yang tegas, pengambil keputusan tegas dan penting pasca COVID-19. Namun Pilpres masih sembilan bulan lagi.

“Banyak hal dapat terjadi selama sembilan bulan tersebut. Jika isu soal perlunya strong leader untuk menumbuhkan ekonomi meluas, isu ini akan menguntungkan Prabowo, dan menurunkan dukungan ke Ganjar,” pungkas Adjie. (Joesvicar Iqbal/msb)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03