29 April 2024 - 21:23 21:23

Impor Minyak Goreng Meningkat di Saat Produksi Kelapa Sawit Melimpah

WartaPenaNews, Jakarta – Sungguh miris terhadap negeri Indonesia di mana produksi kelapa sawit melimpah bahkan menguasai dunia, namun impor minyak goreng meningkat pada bulan Mei 2019.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan impor minyak goreng pada Mei 2019 sebanyak 28,53 juta kilogram (kg) dengan nilai 16,15 juta dolar AS. Angka ini naik dibanding bulan April 2019 sebesar 15,38 juta kg dengan nilai 11,48 juta dolar AS.

Adapun Indonesia mengimpor minyak goreng dari beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Papua Nugini dan lainnya.

Catatan BPS, pada Mei 2019, impor minyak goreng terbesar berasal dari Malaysia. Jumlah yang diimpor sebanyak 16,27 juta kg dengan nulai 8,63 juta dolar AS.

Kemudian, disusul Papua Nugini dengan volume 5,56 juta kg dengan nilai 2,44 juta dolar AS dan Filipina dengan 3,72 juta kg dengan nilai 2,30 juta dolar AS.

Terkait data yang dikeluarkan BPS tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan belum mempercayainya karena dia belum mendapat penjelasan yang jelas.

“Saya belum percaya saya itu. Artinya mesti ada yang penjelasan,” kata Darmin di Jakarta, Selasa (25/6).

Alasan tidak percaya, lantaran negara tetangga menjual minyak goreng dengan harga tinggi. Jadi tidak masuk akal jika Indonesia impor.

“Karena apa, harga minyak goreng kita lebih murah kok dari orang lain, bagaimana mau impor minyak goreng,” tegas Darmin.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini belum berani berbicara lebih jauh. Sebab dia harus mengecek terlebih dahulu kebenaran impor minyak goreng itu.

“Impor minyak goreng, saya harus cek dulu itu,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03