21 June 2024 - 08:08 8:08

Ingin Nasi di Rumah Pulen Seperti Restoran Jepang, Ini Tipsnya

wartapenanews.com  –  Seperti di Indonesia, beras menjadi salah satu instrumen olahan makanan penting di Jepang. Ya, di Negeri Sakura ini, aneka menu kuliner seperti sushi, onigiri, bento, sake, hingga nasi—yang juga merupakan makanan pokok di sana—dibuat dari beras.

Bicara soal nasi Jepang, ia terkenal punya rasa yang pulen dan nikmat sehingga banyak orang, khususnya di kawasan Asia, yang menggemarinya. Tak heran, kedai makan dan restoran Jepang pun semakin menjamur di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Tapi sebetulnya, kamu juga bisa membuat nasi di rumah seenak yang dihidangkan di restoran-restoran Jepang, lho. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips di bawah ini!

1. Pilih Beras yang Berkualitas
Ya, pemilihan jenis beras menjadi kunci yang pertama. Namun dalam hal ini, kamu tak perlu menggunakan beras asal Jepang atau Korea yang relatif mahal dan sulit didapat, cukup pilih beras lokal yang berkualitas. Misalnya, beras menthik.

Beras menthik cocok dijadikan alternatif, karena punya tekstur yang pulen dan lembut saat jadi nasi, persis nasi Jepang. Mirip beras ketan tapi lebih pendek dan bulat, nasi dari beras menthik pun lengket, sehingga tepat dibuat olahan sushi.

Selain beras menthik, kamu juga bisa memilih beras rojolele yang terkenal pulen dan lembut. Beras ketan, tentu saja, dapat dijadikan alternatif lainnya.

2. Metode Pengolahan
Selain di pemilihan beras, untuk membuat nasi yang nikmat ala restoran Jepang kamu juga perlu memperhatikan cara dan proses pembuatannya. Salah satunya, dengan merendam beras dengan air hangat sebelum dimasak.

Caranya, cucilah beras hingga bersih lalu rendam selama 15 sampai 30 menit. Langkah ini berguna untuk membuat tekstur beras menjadi lebih lembut.

Nah, guna menambah kepulenan nasi, kamu pun dapat memanfaatkan tepung maizena. Caranya, larutkan satu sendok makan tepung maizena dengan air hangat, lalu masukkan ke dalam beras yang sudah diisi air dan masak hingga matang.

3. Menggunakan Alat Menanak Nasi yang Tepat
Pemilihan bahan, sudah. Cara membuatnya, juga sudah. Tapi yang tak kalah penting diperhatikan untuk menghasilkan nasi setara restoran Jepang adalah alat membuatnya.

Di masyarakat Jepang, terdapat pot tembikar alias pot dari tanah liat. Pot ini lazim digunakan untuk memasak dan memanaskan hidangan yang kurang sedap bila disantap saat dingin, misalnya shabu-shabu dan nabeyaki udon. Selain itu, juga biasa digunakan untuk memasak nasi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 07:35
Terbukti Terima Suap Rp 40 Miliar, Achsanul Qosasi Divonis 2,5 Tahun Penjara

WARTAPENANEWS.COM – Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI nonaktif Achsanul Qosasi divonis 2 tahun 6 bulan penjara dalam kasus penerimaan suap korupsi BTS Bakti Kominfo. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor

01
|
21 June 2024 - 07:11
Kamp-Kamp Pengungsi di Tengah Gaza Digempur Pasukan Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Beberapa serangan udara Israel di Jalur Gaza tengah dan utara semalam hingga Kamis (20/6/2024) menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai puluhan lainnya. Sementara tank terus masuk memperdalam invasi

02
|
21 June 2024 - 06:37
BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Masih Berpotensi Hujan Lebat hingga 27 Juni

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat sepekan ke depan atau periode 21 hingga 27 Juni 2024 mendatang. “Pada bulan Juni 2024 sebagian

03