2 Februari 2023 - 18:14 18:14
728x90

Ini Dampaknya, Jika Orangtua Suka Pilih Kasih pada Anak

WartaPenaNews, Jakarta – Banyak kakak beradik ketika mereka tumbuh besar bersama, bercanda mengenai siapa yang paling dicintai orangtua. Namun pernahkah Anda berpikir, apakah benar hal itu hanya sebatas candaan atau perasaan yang selama ini tersimpan?

Dalam sebuah studi yang dilansir laman Medical Express, peneliti menanyakan beberapa orang dewasa apakah ibu mereka pernah mempunyai kecenderungan untuk lebih menyukai satu anak ketika mereka masih kecil? Jawabannya, hampir 83 persen responden menjawab pernah.

“Menjadi anak yang merasa tidak difavoritkan pasti membuat seseorang sedih, kecewa, bahkan menjadi tidak percaya diri. Faktanya, rasa kesal atau amarah karena merasa kurang difavoritkan oleh orang tua bisa terpendam lama dalam hati anak, bahkan setelah mereka beranjak dewasa,” kata Sheri Madigan, asisten profesor sekaligus ketua penelitian di Determinants of Child Developments, Institut Penelitian Rumah Sakit Anak Alberta, Universitas Calgary, Kanada.

Meski mungkin tidak disadari, orang tua memang seringkali berperilaku berbeda kepada setiap anak-anak mereka. Dan tentu saja anak-anak memiliki ambang batas sensitivitas yang berbeda untuk memperhatikan adanya perbedaan perlakuan orang tuanya.

Para peneliti telah mempelajari favoritisme orang tua terhadap anak dengan mengamati anak-anak ketika mereka berinteraksi dengan orang tua dan meminta mereka melaporkan interaksinya. Seberapa sering orangtua dan anak tertawa atau bermain bersama? Seberapa sering mereka berkelahi atau berdebat? Nilai ini kemudian dibandingkan di antara saudara kandung yang berbeda untuk menentukan apakah satu anak menerima lebih banyak perhatian positif atau negatif daripada yang lain.

“Studi ini menyimpulkan bahwa ketika perbedaan dalam cara saudara kandung diperlakukan oleh orang tua kecil, maka hanya sedikit atau bahkan tidak ada konsekuensi yang dialami anak yang merasa didiskriminasi. Namun jika perbedaan perlakuannya signifikan, maka hal ini bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan dan hubungan anak dengan saudara kandungnya,” kata Sheri Madigan.

Saudara kandung yang merasa mendapatkan perlakuan berbeda cenderung mempunyai hubungan yang tidak dekat baik semasa kecil maupun setelah mereka beranjak dewasa. Perasaan dibedakan dan didiskriminasikan oleh orang tua juga bisa menyebabkan kecemburuan dan berkembang menjadi kebencian baik yang diekspresikan secara jelas maupun terpendam di dalam hati hingga dewasa. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03