27 April 2024 - 12:10 12:10

Ini Penjelasan Ahli, Kendaraan Listrik Tak Cocok untuk Mudik

wartapenanews.com – Sebagai imbauan demi keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan mudik, Praktisi Keselamatan Jalan Raya dan Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengingatkan para pemilik kendaraan listrik untuk tidak menggunakan kendaraannya sebagai transportasi mudik jika jarak perjalanan lebih dari 300 km atau enam jam.

“Masalah recharging ini belum begitu sebaik seperti infrastruktur kendaraan konvensional, maka para pengguna motor atau mobil listrik, saya sarankan untuk tidak menggunakannya jika jarak lebih dari 300 km atau enam jam lebih perjalanan,” kata Jusri Pulubuhu, Rabu (5/4/2023).

Menurut Jusri, kendaraan listrik masih memiliki masalah daya jangkau dan fasilitas pengisian daya yang belum sebaik infrastruktur kendaraan konvensional. Oleh karena itu, para pemilik kendaraan listrik yang memaksakan untuk menggunakannya pada saat mudik dikhawatirkan akan menemukan berbagai kesulitan selama perjalanan ke kampung halaman.

“Jadi nanti Anda akan mengalami kesulitan sendiri, lebih-lebih kalau rute tujuan atau kampung kita ini agak keluar dari kota-kota besar gitu ya. Nah otomatis kebutuhan listriknya akan sedikit sulit,” jelas dia.

Namun, bagi pemilik kendaraan listrik yang memiliki kampung halaman dengan jarak di bawah 200 km atau jarak tempuh di bawah enam jam perjalanan, kendaraan listrik masih dapat digunakan dengan layak.

Untuk mengatasi kekhawatiran para pengguna kendaraan listrik pada saat mudik lebaran 2023, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk memasok daya kendaraan listrik selama perjalanan mudik 2023. PLN terus berupaya memperbanyak jumlah SPKLU yang ada di Indonesia dan memudahkan para pemudik dalam menemukan SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile dengan fitur Electric Vehicle.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03