27 April 2024 - 23:23 23:23

Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  –  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar di media sosial.

Alhasil Anda jadi begadang semalaman dan baru tidur saat pagi. Kebiasaan ini bisa membuat jam tidur Anda menjadi berantakan lho. Bahkan ketika Anda bangun dari tidur pun tubuh mengalami pusing hingga merasa lelah.

Ternyata kondisi tersebut ada kaitannya dengan Ritme Sirkadian yang dimiliki tubuh. Dokter sekaligus content creator kesehatan, dr. Kevin Mak menjelaskan bahwa Ritme Sirkadian merupakan jam alami tubuh yang memberikan sinyal kapan tubuh harus bangun dan juga tidur.

Ritme Sirkadian ini juga memastikan seluruh fungsi dan proses tubuh berjalan maksimal dalam waktu 24 jam. Hal ini terjadi dengan cara bekerja sama dengan otak dan juga langsung dipengaruhi oleh isyarat lingkungan sekitar, khususnya sumber cahaya.

“Normalnya Ritme Sirkadian manusia akan memberikan sinyal sekitar jam 10 malam untuk tertidur dan bangun sekitar jam 7 atau 8 pagi,” kata dr. Kevin Mak, dikutip dari unggahan dalam akun TikTok @drkevinmak, Selasa (27/2/2024).

Apabila Anda baru mulai tidur tengah malam atau menuju pagi, maka waktu tersebut adalah momen dilepaskannya hormon stres yang ada pada tubuh. Oleh karenanya manusia disarankan untuk tidak begadang dan tidur setidaknya pukul 10.00 malam.

Sebab saat tengah malam tubuh melepaskan hormon stres ini yang bisa tekanan darah meningkat dan sakit kepala akibat pembuluh darah yang menyempit.

“Hormon stress ini akan menyebabkan beberapa gejala seperti pembuluh darah yang menyempit yang akhirnya bikin meningkatkan tekanan darah dan sakit kepala,” tuturnya.

Dokter Kevin Mak pun menyarankan untuk mulai menerapkan waktu tidur yang cukup dan membuat suasana serta pengalaman tidur yang lebih nyaman. Hal ini akan jauh membuat tubuh lebih segar dan siap beraktivitas di pagi hari. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03