20 May 2024 - 01:23 1:23

Ini Resep Sandiaga Atasi Utang BUMN Sebesar Rp 5.271 Triliun

Calon wakil presiden Sandiaga Uno memiliki resep untuk membenahi utang Badan Usaha Milik Negara yang kini jumlahnya mencapai Rp 5.271 triliun. Jumlah utang ini, kata Sandi, sudah cukup mengkhawatirkan.

Lantas apa resepnya? Sandiaga mengatakan rumus untuk mengatasi persoalan utang sebenarnya sederhana, yaitu meningkatkan penerimaan pemerintah dan melakukan penghematan. Adapun cara untuk berhemat tetapi terus membangun adalah dengan menggunakan pola-pola kerjasama pemerintah dan badan usaha.

Ia juga mengajak swasta berkonstribusi dalam membangun infrastruktur pendanaan jangka panjang. Sehingga nantinya pembangunan infrastruktur bisa dikerjakan tanpa utang. Tapi sayangnya itu tidak dilakukan Jokowi. Jokowi hanya mengandalkan BUMN saja.

“Sekarang saya dapat laporan sudah lebih Rp 5.000 triliun ya. Ini utang sektor publik sudah di atas 60%. Sekarang ditambah utang BUMN, it’s worrying. Kita mestinya khawatir,” kata Sandiaga dalam sebuah diskusi BUMN di Hotel Ambhara Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Menurut Sandiaga, meningkatnya utang negara disebabkan oleh stagnannya pemasukan. Namun, pengeluarannya terus meningkat. Apalagi utang BUMN sudah masuk utang pemerintah dan utang sektor publik. “Ini kalau disatukan sudah luar biasa besarnya dan angkanya sudah di atas 60 persen dari PDB kita.”

Sebelumnya Deputi Bidang Restrukturisasi Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro, menjelaskan utang perusahaan BUMN sudah mencapai Rp 5.271 triliun. Utang BUMN itu berasal dari sektor keuangan Rp 3.311 triliun, dana pihak ketiga atau DPK Rp 2.448 triliun, dan premi asuransi dan lain-lain Rp 335 triliun. (robi)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03