29 April 2024 - 21:26 21:26

Jaga Ekosistem Laut Kepulauan Seribu Lewat Pendekatan Budaya

Mahariah (tengah), saat sharing session Pengelola Kebun Raya dan Alumni Penerima Kalpataru baru-baru ini.

IPOL.ID – Mahariah, Alumni Penerima Kalpataru dari Kepulauan Seribu berbagi cerita mengenai kegiatannya dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Upaya itu dilakukannya dengan pendekatan budaya, salah satunya menggagas festival hajatan pulang babang. Festival ini merupakan tradisi masyarakat pulau keluar menuju tempat yang jauh untuk mencari ikan, kemudian setelah beberapa bulan kembali sebagai bentuk rasa syukur.

“Ini kita angkat sebagai hajatan festival masyarakat, di situ ternyata lebih mudah menyampaikan pesan lingkungan supaya pulau kita terjaga. Ini juga menjadi ajang wisata yang melibatkan 500-1000 masyarakat lokal,” ujarnya saat Sharing Session Pengelola Kebun Raya dan Alumni Kalpataru di Rumah Kaca Anggrek dalam rangkaian peringatan HUT ke-206 Kebun Raya Bogor, Rabu (17/5).

Menurut Wanita yang juga berlatar belakang seorang guru itu, pendekatan budaya merupakan pendekatan yang paling efektif untuk mengajak masyarakat. Sehingga banyak kegiatan dan program lingkungan hidup yang berhubungan dengan budaya.

Penerima Kalpataru tingkat Nasional pada tahun 2017 itu menyebutkan dirinya sudah mulai melakukan aksi penyelamatan lingkungan sejak 2007. Di mana dirinya ikut terjun dalam Program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengembangkan model Desa Konservasi. Salah satu kegiatan dari program desa konservasi yaitu rehabilitasi hutan mangrove.

“Kami melakukan penanaman tahun 2007 sebanyak 1,2   juta pohon. Sayangnya waktu itu jakarta banjir bandang, dan banyak membawa sampah sampai puluhan ton. Kami menemukan di mangrove sampah datang ketika air pasang. Ketika air surut mangrove kami habis, sehingga harus menaman ulang dari 2008 sampai 2013 baru selesai mengembalikan ke semula,” ungkapnya seperti dikutip dalam siaran pers.

Kepeduliannya dalam menjaga ekosistem laut dari sampah, membuat dirinya juga menggagas program ekowisata yang berwawasan lingkungan dan konservasi. Program ini mengajak para wisatawan yang datang ke pulau seribu itu, untuk melakukan ekowisata pungut sampah yang kemudian dijadikan sebagai atraksi wisata sampah.

“Ini menjadi kontribusi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, dengan melakukan timbal balik dengan cara menjaga keindahan alam itu. Saya mencoba menawarkan ketika dia ingin berwisata harus sejalan dengan pemeliharaan alam, dari sana kita mengedukasi, kita ajak mereka ke pusat pengolahan sampah plastik yang kita miliki,” katanya.

Tidak hanya masalah sampah, Mahariah juga ikut memperhatikan dalam melestarikan terumbu karang. Dia menjelaskan bahwa Kepulauan Seribu merupakan daerah rentan terhadap perubahan iklim. Sehingga ekosistem yang berada di kepulauan tersebut harus dijaga.

“Jadi memang daerah kami dibangun oleh empat ekosistem pokok, yaitu ekosistem hutan pantai, mangrove, lamun dan terumbu karang. Sehingga kalau salah satu terganggu maka semua tergangu. Maka kami harus memperhatikan satu per satu. Dari sana saya belajar semua ekosistem itu,” ucapnya.

Latar belakangnya yang merupakan seorang guru, menggugah Mahariah juga membuat program kelas iklim dan kampung iklim. Dia melihat di sekolah muatan pelajaran mengenai lingkungan sangat minim dan tidak banyak guru yang konsern terhadap lingkungan.

“Oleh karena itu di setiap akhir pekan kita buka kelas iklim untuk anak-anak SD-SMA. Jadi mereka belajar mengenal ekosistem pulau mereka, bagaimana memelihara dan memanfaatkannya. Dari sana kita buat yang lebih luas menjadi Kampung Iklim,” jelasnya. (timur)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03