2 Februari 2023 - 17:44 17:44
728x90

Jelang Imlek 2019, Pesanan Barongsai dan Liong Membeludak

WartaPenaNews, Jakarta – Salah satu pengrajin dan pemilik Bengkel barongsai, Lily Hambali yang berada di Jalan Roda, Gang Angbun, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah sedang kebanjiran pesanan untuk Imlek tahun ini. Ia mengaku cukup kewalahan dan bahkan menolak pesanan yang datang terus-menerus.

Pesanan barongsai dan liong terus berdatangan meskipun ia telah menutup pesanan untuk Imlek tahun 2019 ini. Bahkan ia sangat tak segan-segan untuk menolak pesanan disaat mendekati Tahun Baru Imlek. Selain sumber daya manusianya yang terbatas, dan juga kendala cuaca di Kota Bogor yang sulit diprediksi.

“Kalau untuk pemesanan bisa beberapa kali lipat bahkan sudah banyak yang kita tolak juga apalagi yang pesan dekat-dekat bulan Januari sudah enggak kepegang, minimal dari awal bulan Oktober hingga November pesanan sudah pada masuk semua,” ujarnya, Senin (14/1).

“Kalo liong tergantung cuaca. Bulan-bulan ini kan sudah musim hujan karena prosesnya dengan cara disablon, jadi lama keringnya dan untuk pengerjaan kita sudah ada bagian-bagiannya jadi ada yang nyablon, ngelukis, ada juga yang buat rangka,” kata pria yang sudah menggeluti pembuatan barongsai sejak tahun 2000 lalu.

Namun untuk tahun ini ia mengaku terkendala bahan. Pasalnya barang import yang ia gunakan sulit untuk masuk ke Indonesia.
“Kalau untuk barongsai kita hampir 50 persen impor, seperti bulu-bulu dan aksesorisnya,” imbuhnya.

Pesanannya pun datang dari berbagai kota di Indonesia. Mulai dari daerah Aceh hingga Papua.

Untuk satu barongsai utuh, proses pembuatannya mencapai dua hingga tiga minggu dan ia jual seharga Rp 5,5 juta. Sedangkan liong mulai Rp 7,5 juta hingga Rp 8 juta. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03