27 April 2024 - 22:10 22:10

Jelang Pemilu 2024, Stok Blangko e-KTP di Sidoarjo Kosong

Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Foto: Internet.

WARTAPENANEWS.COM –  Ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dibeberapa daerah sudah mulai kosong. Salah satunya di Kabupaten Sidoarjo yang mengalami kekosongan stok blangko e-KTP.

Kekosongan ini terjadi karena permintaan tidak sebanding dengan pasokan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab jelang pelaksanaan Pemilu jumlah permintaan pembuatan e-KTP meningkat drastis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Reddy Kusuma mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi kekosongan blangko e-KTP jelang Pemilu. Salah satunya dengan menerbitkan Surat Keterangan (Suket), serta aktivasi e-KTP melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Masyarakat yang hendak membuat e-KTP baru selama kekosongan blangko bisa menggunakan fasilitas IKD dari Kemendagri dengan cara mengunduh aplikasi melalui playstore, kemudian masukkan data NIK, email, dan nomor handphone lalu klik verifikasi. Selanjutnya, untuk verfikasi wajah pilih tombol ambil foto lalu lakukan swafoto. Untuk langkah aktivasi KTP digital bisa dilakukan di kantor kecamatan domisili, atau untuk masyarakat luar Kabupaten Sidoarjo bisa langsung ke Dukcapil atau MPP,” kata Reddy, Rabu (2/8/2023).

Dia mengakui bentuk Suket dan e-KTP jauh berbeda, namun fungsi keduanya sama dan bisa dijadikan sebagai bukti kelengkapan administrasi khususnya pada pihak perbankan.

Reddy mengatakan masa berlaku Suket hanya selama enam bulan. Sehingga Suket ini bisa langsung ditukar dengan e-KTP juga stok blangkonya sudah tersedia.

“Saat ini kami berikan dua solusi tersebut sehingga jika nantinya sudah ada pasokan blangko e-KTP maka akan segera kami informasikan,” tegasnya.

Reddy juga mengimbau agar masyarakat bersabar hingga distribusi blangko e-KTP tercukupi oleh Kemendagri. “Saya minta masyarakat bersabar hingga blangko dari pusat tercukupi, insyaallah bulan Agustus 2023 sudah tersedia blangko e-KTPnya,” jelasnya.

Dari data dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo, jumlah antrean blangko hingga 31 Juli 2023 tercatat sebanyak 19.000 tunggu cetak. Angka ini tercatat sejak antrean mulai bulan Maret hingga saat ini. Kebutuhan cetak rata-rata mencapai 1.000 hingga 2.000 blangko perhari, sedangkan Dukcapil Kabupaten Sidoarjo hanya mendapatkan kuota dari Kemendagri 500 blangko perhari. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03