27 April 2024 - 02:08 2:08

Jerry Massie Minta Jokowi Pecat Menteri yang “Ngebet” Mau Impor Beras

WartaPenaNews, Jakarta – Direktur Political and Publik Policy Studies (P3S) Jerry Massie mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencopot menteri yang akan impor beras hingga 1 juta ton.

Dia menilai menteri tersebut tidak pro rakyat dan petani dan rencana impor beras itu telah menuai polemik.

“Saya sepakat dengan Bang Rizal (Ramli), menteri yang tak pro rakyat dan pro petani perlu disingkirkan alias dicopot,” kata Jerry, Minggu (28/3/2021).

Jerry mengatakan, sangat tidak masuk akal jika impor dilakukan untuk menjaga stok beras dalam negeri.

Ia pun menduga ada kartel yang bermain di rencana tersebut. “Ini omong kosong. Saya duga ada kartel yang bermain,” ungkapnya.

Menurutnya, tak pelu berkelit dengan berbagai alasan untuk mengimpor 1 juta ton beras. Pasalnya, provinsi Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan daerah-daerah lainnya menolak rencana impor tersebut.

Bahkan,kata dia, stok beras di Bulog, seperti yang yang dikatakan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, masih terjaga dan cukup sampai panen pada Agustus. Jadi sampai Hari Raya Idul Fitri tetap aman.

“Ini bagian break even point atau cari untung, bukan menjaga stok pangan. Sejak awal Mendag gagal, mulai Mendag Enggartiasto Lukito sampai kini doyan ngimpor,” terangnya.

Jerry melihat, impor ini lebih ke political interest (kepentingan politik) bukan kepada public interest (kepentingan publik). Karenanya, dia menyarankan agar rencana ini segera dihentikan, karena akan membuat petani menjerit dan menderita. Bahkan menurutnya, kebijakan impor ini secara tidak langsung akan membunuh petani.

Sebelumny, Kepala Bulog Budi Waseso per 14 Maret 2021, stok beras Bulog mencapai 883.585 ton. Terdiri dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 859.877 ton dan beras komersial sebesar 23.708 ton. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03