27 April 2024 - 20:47 20:47

Jika Anak Telan Benda Asing, Dokter Anjurkan Konsumsi Ini

WARTAPENANEWS.COM – Kejadian balita menelan benda asing memang terdengar sepele. Namun siapa sangka, hal ini justru dapat memicu kematian bagi sang anak.

Potensi menyeramkan itu pun diamini oleh Konsultan Gastrohepatologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Ariani Dewi Widodo.

Dokter Ariani mengatakan, merujuk pada kondisi terparah, kasus anak menelan benda asing dapat menjadi sebab dari sebuah kematian.

“Betul, tertelan itu bisa menyebabkan pasien meninggal dunia, tapi mekanismenya memang tergantung ya,” kata Ariani dalam webinar yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Tersedak menjadi salah satu gangguan akibat sumbatan jalan nafas karena menelan benda asing.

Kejadian ini lantas dapat menimbulkan risiko kematian jika tidak segera dilakukan pertolongan awal.

Umumnya kata Ariani, pada bayi dan anak, kejadian ini bisa terjadi saat makan atau bermain karena mereka kadang suka memasukan benda asing ke mulut.

Jika sudah tertelan, perlu ada pertolongan pertama dengan heimlich manuver atau upaya penanganan darurat untuk menolong orang yang tersedak. Salah satunya dengan dorongan perut.

“Kemudian hal berbahaya lain yang bisa terjadi kalau menelan benda asing adalah kalau benda asingnya tajam. Kemudian itu menusuk dan mengakibatkan perforasi atau lubang pada saluran pencernaan,” jelas dr Ariani.

Kondisi seperti itu lanjut dia dapat membuat asam lambung seorang anak bisa keluar semua dan berakibat infeksi berat di rongga perut.

Selain heimlich manuver, memberikan madu kepada anak bisa menjadi salah satu alternatif.

“Pertolongan pertama bisa diberikan madu, diharapkan madu itu bisa melindungi dan mengisi area di sekitar benda asing yang masuk dengan jaringan di dalam tubuh supaya tidak merusak,” kata Ariani.

Pemberian madu memang dianjurkan dalam kondisi darurat saja. Setelah itu balita atau anak di atas lima tahun perlu segera dibawa ke faskes terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03