27 April 2024 - 06:27 6:27

JK Sampaikan Duka Cita Gempa Sulbar

WartaPenaNews, Jakarta – Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla menyampaikan ucapan duka cita atas bencana alam gempa bumi yang melanda beberapa wilayah di Sulawesi Barat, Jumat.

“Duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang menimpa saudara-saudara kita di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polewali Mandar, Sulawesi Barat,” kata JK di akun media sosial miliknya, Jumat.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu mengatakan akan menginstruksikan jajarannya untuk membantu penanganan darurat dan mencari korban gempa.

“PMI beserta relawannya akan menyerahkan kemampuan terbaiknya untuk membantu melakukan penanganan darurat, serta pencarian dan evaluasi korban,” jelasnya.

JK juga mengimbau agar seluruh relawan PMI untuk tetap mengedepankan azas kemanusiaan dan menjaga protokol kesehatan dalam menangani kondisi pascabencana.

“Kedepamkan semangat kemanusiaan membantu korban gempa dan banjir, tetap jaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Gempa bumi yang menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpusat di enam kilometer timur laut Majene itu terjadi pada Jumat dini hari pukul. 01.28 WIB.

Sejumlah bangunan, termasuk Kantor Gubernur Sulbar, rusak berat. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, tercatat sedikitnya tiga orang meninggal, 24 orang luka dan lebih dari 2.000 warga mengungsi.

BMKG Wilayah IV Makassar mencatat rangkaian gempa bumi terjadi di Sulawesi Barat dan sekitarnya sejak Kamis (14/1) pukul 23.00 WITA. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03