5 May 2024 - 23:37 23:37

Jokowi-Ma’ruf Menang di Washington

WartaPenaNews, Jakarta  – Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraup 1.114 suara di Washington, Amerika Serikat. Sementara, capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya berhasil mendapatkan 352 suara.

Proses penghitungan suara Pemilu Luar Negeri ini dilaksanakan di gedung KBRI Washington DC pada 17 April 2019, pukul 13.40 siang waktu setempat dan diikuti sejumlah WNI di Washington DC dan sekitarnya, baik secara langsung maupun melalui live streaming yang difasilitasi oleh KBRI.

“Selain merupakan bukti semakin matangnya proses demokrasi Indonesia, kesuksesan Pemilu kali ini juga membuktikan kuatnya kombinasi antara demokrasi dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu persatuan dalam kebhinekaan, persaudaraan, dan gotong royong,” kata Duta Besar RI untuk AS Mahendra Siregar, dalam keterangan tertulis KBRI Washington DC pada wartawan Sabtu (20/4/2019).

Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PPLN, KPPSLN, Panwaslu LN, para saksi, serta seluruh masyarakat Indonesia di Washington dan sekitarnya atas kerja keras dan partisipasi aktif mereka dalam mensukseskan gelaran pesta demokrasi ini.

Selain diikuti oleh masyarakat Indonesia setempat, proses penghitungan surat suara tersebut diikuti pula oleh para saksi, baik dari partai politik maupun dari pasangan calon presiden dan wakil presiden. Proses penghitungan surat suara Pos dan TPS dilakukan di ruangan berbeda secara paralel.

Di samping itu, untuk partai politik dan anggota legislatif, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menduduki peringkat pertama dan diikuti oleh PDI Perjuangan.

Masih di AS, Jokowi-Ma’ruf juga dilaporkan unggul dalam penghitungan suara di New York. Raihan suara untuk 01 di New York dilaporkan mencapai 88,9 persen, unggul jauh dari Prabowo-Sandi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03