26 April 2024 - 18:23 18:23

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

wartapenanews.com – Presiden Jokowi menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10). Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, upacara dimulai ketika Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memasuki kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Komandan upacara pada tahun ini adalah Komandan Brigade Infanteri Para Rider Divisi Infanteri 1 Kostrad, Kolonel Inf. Fendri Nafianto Raminta dan Kasubditbintibsos Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol. Hari Purnomo, S.H., S.I.K., M.H.

Setelah Jokowi dan Ma’ruf diarahkan menuju tempat masing-masing, upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, dilakukan prosesi Mengheningkan Cipta.
Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang dibacakan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara teks pembukaan UUD 1945 dibacakan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kurang waspada bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,” kata Puan membacakan Ikrar.

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan dan menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Upacara pun dilanjutkan dengan doa yang dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas. Setelah itu, Komandan Upacara melaporkan kepada Jokowi bahwa upacara telah selesai dilaksanakan.

Dalam upacara tersebut, turut hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menag Yaqut Cholil Qoumas. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03