8 May 2024 - 00:12 0:12

Juli 2020, Pasar Tradisional Jakarta Bebas Kantong Plastik

WartaPenaNews, Jakarta – Pasar tradisional yang ada di Jakarta, serta dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI PD Pasar Jaya, dipastikan tidak akan lagi menggunakan kantung plastik untuk membungkus barang yang dibeli para pembelinya mulai Juli 2020.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Andono Warih, hal itu merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 142 Tahun 2019.

“Seluruh pasar tradisional atau pasar rakyat di DKI Jakarta yang dikelola oleh Pasar Jaya akan menerapkan kebijakan bebas kantung plastik keresek sekali pakai,” ujar Andono di Jakarta.

Andono menyampaikan, pengelola pasar, akan menyediakan Kantung Belanja Ramah Lingkungan (KBRL). Kebijakan merupakan upaya DKI mengurangi penggunaan plastik yang bisa merusak lingkungan di ibu kota.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Alternatif Pengganti Nasi

“Sinergisitas antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan konsumen adalah penentu keberhasilan penerapan kebijakan,” ujar Andono.

Sementara, Direktur Usaha dan Pengembangan Pasar Jaya Anugrah Esa mengungkapkan saat ini, pasar-pasar tradisional, tidak kurang menghasilkan 600 ton sampah plastik setiap hari. DKI berkomitmen mengurangi angka itu melalui kebijakan ini.

“Seluruh pasar tidak ada lagi yang menggunakan kantung keresek sekali pakai,” ujar Anugrah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03