26 May 2024 - 04:26 4:26

Karena 17 April 2019 Bukan Hanya Pilpres Saja

WartaPenaNews, Jakarta – 17 April mendatang, rakyat Indonesia akan merayakan Pesta Demokrasi melalui Pemilihan Umum (Pemilu). Namun, sejumlah kalangan masyarakat dinilai hanya mengetahui untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden saja, dan hanya sedikit yang mengetahui untuk memilih wakil rakyat untuk bisa duduk di kursi parlemen, baik tingkat kota/kabupaten, provinsi sampai pusat.

“Konsentrasi publik Pemilu 2019 dinilai masih tertuju pada pemilihan presiden (Pilpres). Baru separuh publik yang tahu ada pemilihan legislatif (Pileg) akan digelar serentak dengan pilpres,” kata Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Aji Al Farabi, dalam diskusi, di Jakarta, Sabtu (23/2) lalu.

Lanjut Aji mengemukakan, dalam survei yang dilakukan pihaknya di dapil (daerah pemilihan) terkait kinerja KPU (Komisi Pemilihan Umum) ternyata hampir di bawah 50 persen masyarakat hanya mengetahui pada 17 April mendatang untuk memilih presiden ketimbang legislatornya.

“Informasi yang minim mengenai mekanisme jalannya pemilu serentak ini pun membingungkan pemilih.Ada problem sosialisasi. Sampai saat ini di bawah 50 persen pemilih yang tahu soal tanggal pemilihan,” terangnya.

Di sisi lain, pembahasan publik dan pemberitaan sehari-hari di media saat ini didominasi soal pilpres. Para calon anggota legislatif (caleg) seolah lupa mereka harus memperjuangkan dan mengkampanyekan partainya, bukan sekadar kampanye calon presiden yang mereka usung. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03