27 February 2024 - 12:54 12:54

Kasus COVID-19 Meningkat, Warga Sumsel Diminta Pakai Masker

WARTAPENANEWS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Selatan (Sumsel) mengimbau masyarakat untuk kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini mengingat adanya peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia.

Bahkan, November lalu tercatat 1 orang meninggal akibat virus tersebut. Dinas Kesehatan Sumatera Selatan meminta masyarakat waspada dan tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami imbau masyarakat untuk kembali memakai masker dan istirahat agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tetap waspada COVID-19, “kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Trisnawarman, Sabtu (9/12).

Selain itu, Trisnawarman meminta seluruh rumah sakit bersiaga untuk mengantisipasi adanya kasus suspek COVID-19 atau pneumonia yang memiliki gejala serupa.

“Kami minta rumah-rumah sakit tetap siaga bila ada kasus pneumonia dan Covid,” kata dia.

Untuk saat ini, pihaknya belum berencana membuka Rumah Sehat di Jakabaring. Rumah Sehat itu merupakan salah satu upaya Pemprov Sumsel ketika masa pandemi lalu untuk mengantisipasi kekurangan kamar bagi mereka yang terkena Covid.

“Belum (dibuka), mudah-mudahan tidak sampai buka ya karena kita berharap tidak lagi terjadi pandemi seperti tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.

Hingga saat ini, Dinkes Sumsel masih menunggu arahan dan kebijakan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia. Termasuk soal kelanjutan vaksinasi bagi yang belum sama sekali maupun booster untuk meningkatkan kekebalan masyarakat.

“Saat ini kita tidak memiliki vaksin karena sudah habis. Kita masih menunggu kiriman Kemenkes jika ada. Tapi, edaran (untuk vaksinasi) ini kan sudah dicabut karena Covid sudah tidak ada lagi.

Jadi, kalau pun ada kebijakan lagi, maka kami menunggu surat edaran dan peraturan pemerintah untuk penetapan waspada Covid,” jelas Trisnawarman. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03