9 May 2024 - 22:40 22:40

Kasus Dugaan Kebocoran Dokumen ESDM Disebut-sebut Naik ke Tahap Penyidikan

Gedung Merah Putih KPK. Foto: Humas KPK

IPOL.ID – Beredar kabar Polda Metro Jaya telah menaikkan status dugaan kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM ke tahap penyidikan.

Kasus ini disebut-sebut menyeret nama salah satu pimpinan KPK, yakni FB.

Terkait kasus dugaan kebocoran dokumen ESDM telah naik ke penyidikan, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto sendiri mengkonfirmasinya.

Dalam konferensi pers di Jakarta pada hari Selasa, 20 Juni, Irjen Karyoto mengatakan, penyidik telah menemukan adanya peristiwa pidana. Sehingga penyelidikan pun dilakukan berdasarkan surat perintah penyidikan.

Lebih dari 10 laporan terkait kasus ini telah diterima, dan penyidik telah memeriksa beberapa saksi serta dokumen-dokumen pendukung.

Hanya dia menolak memberikan detail lebih lanjut mengenai kasus ini. Dia menyatakan, informasi lebih rinci akan diberikan setelah pihak kepolisian memperoleh kesaksian lengkap dan memasuki tahap berikutnya.

Ketika ditanya kemungkinan penyidik untuk memeriksa secara langsung Ketua KPK, Karyoto menjawab dengan diplomatis, “Kita akan melihat ke depan.”

Dilaporkan bahwa Polda Metro Jaya telah meningkatkan status dugaan kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM menjadi tahap penyidikan sejak Senin, 12 Juni. Proses ini dimulai dengan dikeluarkannya surat perintah penyidikan bernomor SP.Sidik/2207/VI/2023/Ditreskrimum.

Sebelumnya, di berbagai media, Firli telah membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa dia tidak pernah membocorkan dokumen penyelidikan ke Kementerian ESDM. Dugaan yang sedang diselidiki oleh KPK berkaitan dengan korupsi terkait izin usaha pertambangan (IUP).

Dugaan ini semakin menguat setelah adanya laporan dari eks Direktur Penyelidikan KPK, Brigjen Endar Priantoro. (ahmad)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03