27 April 2024 - 03:27 3:27

Kawanan Pencuri Kini Buru Knalpot Mobil Jadi Sasarannya

WartaPenaNews, Jakarta – Sama seperti penjualan mobil dan motor, aksi pencurian kendaraan bermotor juga terjadi setiap hari. Hal ini semakin marak dilakukan, saat dunia masuk dalam masa pandemi.

Rata-rata pencuri memilih untuk mengincar motor, karena lebih mudah dibawa kabur. Meski demikian, mobil lebih menggiurkan karena jumlah yang didapat dari hasil penjualan lebih besar.

Bicara soal pencurian kendaraan bermotor, belakangan ini banyak pemilik mobil Suzuki Eeco yang menjadi korban maling komponen.

Dilansir dari laman Cartoq, Selasa 12 Januari 2021, ratusan kendaraan dilaporkan hilang di wilayah Gujarat, India. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mobil van Suzuki Eeco keluaran terbaru.

Uniknya, mobil ditemukan tidak lama setelah dilaporkan hilang. Tapi, semua kendaraan itu mengalami hal yang sama, yakni kehilangan knalpot.

Ada juga unit tetap berada di tempatnya, namun saat dilihat ke kolong ternyata peranti penyalur gas buang itu sudah tidak ada.

Peristiwa ini bermula, saat polisi setempat mendapat laporan dari dua diler Suzuki bahwa puluhan mobil Eeco yang terparkir di halaman belakang kehilangan knalpot.

Petugas kemudian menyisir tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi penjualan suku cadang hasil curian. Ternyata benar, ada beberapa penadah yang mengaku menjual sensor oksigen knalpot dengan harga 10 ribu Rupee atau setara Rp1,9 juta.

Sensor ini digunakan oleh komputer, untuk menjaga agar mesin tetap bekerja dengan emisi yang sesuai dengan batas. Sementara itu, ada bagian lain dari knalpot yang harganya lebih mahal tapi tidak dijual ke penadah, yaitu catalytic converter.

Peranti tersebut fungsinya menetralkan racun yang terkandung di dalam gas buang, dan terbuat dari material yang masuk dalam grup platinum. Jika dijual ke tempat peleburan, harganya bisa mencapai 6 ribu Rupee atau Rp1,1 juta per 10 gram.

Alasan mengapa kawanan pencuri memilih untuk mengambil knalpot Suzuki Eeco, yakni karena komponen tersebut bisa dilepas hanya dengan mencopot dua baut saja. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03