30 Januari 2023 - 14:17 14:17
728x90

Kebakaran di Rumah Kapolda Papua, Terdengar Ledakan hingga Korsleting Listrik

wartapenanews.com –   Kerusakan akibat kebakaran yang terjadi di rumah dinas (rumdin) Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri di Kota Jayapura pada Selasa (17/1/2023) pagi WIT, mencapai 60 persen.

“Kerusakan akibat kebakaran pada bangunan utama kediaman, sekitar 60 persen dari seluruh kompleks bangunan kediaman,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Ignatius mengatakan, rumah dinas tersebut berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Mapolda Papua yang baru saja diresmikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Ahad (8/1/2023). Lokasi rumah dinas berada di Distrik Jayapura Utara, sedangkan Mapolda Papua yang baru di daerah Koya Koso 1.

Rumah dinas tersebut sehari-hari ditempati oleh Kapolda Papua, namun saat insiden kebakaran terjadi, Irjen Mathius sedang tidak berada di kediaman dinasnya. “Kapolda menempati rumdin tersebut, namun setelah kunker dari Nabire sehari sebelumnya beliau langsung ke rumah pribadi di Jayapura,” kata Ignatius.

Ignatius juga menyebut, tidak ada surat-surat berharga milik Irjen Mathius maupun benda berharga yang terbakar dalam peristiwa tersebut.

Kerugian ditaksir sementara mencapai ratusan juta untuk bangunan yang terbakar.

Ignatius menegaskan tidak ada unsur sabotase dari pihak luar terhadap kejadian tersebut. Kebakaran diduga disebabkan oleh arus pendek usai gempa terjadi di wilayah tersebut.”Kebakaran diduga disebabkan oleh arus listrik pendek karena sebelumnya terjadi gempa 3,6 magnitudo pukul 03.40 WIB menurut informasi BMKG,” kata Ignatius.

Sebelumnya, rumah dinas Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri yang terletak di Distrik Jayapura Utara, Jayapura, ludes terbakar, sekitar pukul 04.45 WIT.

Kebakaran diketahui lewat teriakan dari salah seorang pegawai yang berada di dalam kediaman Kapolda Papua.

Usai mendengar teriakan itu, personel penjagaan kemudian langsung melakukan penyisiran dan menemukan asap tebal di bagian kiri belakang rumah dinas.

“Dan tidak lama kemudian terdengar suara ledakan dari dalam kediaman disertai nyala api,” jelas Ignatius dalam keterangan tertulis.

Petugas jaga yang menemukan sumber api itu kemudian memanggil rekannya yang lain untuk langsung memadamkan api. Sementara yang lainnya melaporkan kejadian tersebut ke Polda Papua untuk meminta bantuan.

Ignatius menyebut terdapat tiga unit armada damkar yang dikerahkan untuk membantu memadamkan api. Ia mengatakan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIT.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03