9 Februari 2023 - 20:23 20:23

Kebakaran Pabrik Bahan Kimia di China, 38 Orang Tewas

wartapenanews.com – Sebuah pabrik bahan kimia di kota Anyang, Provinsi Henan Tengah, China mengalami kebakaran pada Senin (21/11) pukul 16.30 waktu setempat. Akibat kebakaran tersebut setidaknya ada 38 orang meninggal dunia.

Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan dalam proses pemadaman. Sebab petugas membutuhkan sekitar tiga setengah jam untuk memadamkan api di pabrik milik Kaixinda Trading Co. Pihak otoritas sendiri belum memberikan keterangan soal penyebab kebakaran dan berapa banyak karyawan yang menjadi korban.

“Setelah menerima alarm, detasemen penyelamat kebakaran kota segera mengirim pasukan ke tempat kejadian,” kata media China, CCTV, mengutip Guardian, Selasa (22/11/2022).

Selain pemadan, sejumlah pihak terkait juga terjun ke lokasi kebakaran untuk proses pengamanan dan penyelamatan korban.

“Keamanan publik, tanggap darurat, administrasi kota, dan unit terkait bergegas ke tempat kejadian pada saat yang sama untuk melakukan penanganan darurat dan pekerjaan penyelamatan,” tambahnya.

Lokasi kebakaran ini merupakan pabrik industri termasuk produksi bahan kimia khusus. Hingga saat ini belum ada keterangan lebih lanjut soal siapa yang bertanggung jawab atas kebakaran ini.

Namun pihak berwenang mengatakan sudah menahan beberapa orang yang dugaannya sebagai ‘pelaku’ penyebab kebakaran itu. Namun pihak berwenang belum mau merincinya.

Kecelakaan di dunia industri memang sering terjadi di China karena standar keselamatan mereka sangat lemah. Selain itu aksi korupsi di kalangan pejabat juga menjadi pemicunya.

Kejadian yang hampir sama juga pernah terjadi di pabrik kimia di Shanghai. Kejadian itu menyebabkan satu orang tewas dan sisanya mengalami luka-luka akibat ledakan.

Pabrik kimia ini bernama Sinopec Shanghai Petrochemical Co berada di distrik terpencil Jinsha.

Pada tahun lalu juga sempat terjadi ledakan gas yang menewaskan 25 orang dan menghancurkan beberapa bangunan di pusat kota Shiyan. Sementara itu di 2019 juga terjadi sebuah ledakan di pabrik kimia di Yancheng, yang terletak 260 km (161 mil) dari Shanghai. Dalam kejadian ini menewaskan 78 orang dan menghancurkan rumah dalam radius beberapa kilometer.

Empat tahun sebelumnya, sebuah ledakan raksasa di utara Tianjin di sebuah gudang kimia menewaskan 165 orang. Ini menjadi salah satu kecelakaan industri terburuk di China. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
film
Deretan Film Semi China Terbaik
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
Patricia Gouw
Patricia Gouw Diteriaki Bencong Gara-gara Jadi MC di Puteri Indonesia 2020
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Jalan Tol Serbaraja bakal mendongkrak jalur distribusi daerah penyangga ibu kota Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Anak Usaha Sinar Mas Land, Koneksikan Jakarta-Tangerang-Banten
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
9 Februari 2023 - 12:14
Puluhan Personel di Aceh Diturunkan untuk Mencari Kades Tertimbun Longsor

wartapenanews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya, Provinsi Aceh, hingga Rabu malam mengerahkan puluhan personel ke kawasan Desa Alue Gantung, Kecamatan Beutong, mencari seorang kepala desa yang diduga

01
|
9 Februari 2023 - 11:12
Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Turki-Suriah Tembus 12.000 Jiwa

wartapenanews.com -  Jumlah korban tewas akibat gempa bumi yang mengguncang Turki dan Suriah mencapai 12.000 orang setelah otoritas Turki dan Suriah memperbarui data korban gempa bermagnitudo 7,8 itu. Menurut laporan

02
|
9 Februari 2023 - 10:09
Jelang Ramadan, Harga Telur Diprediksi Merangkak Naik

wartapenanews.com -  Warga Jakarta harus bersiap akan potensi terjadinya perubahan harga telur, mendekati bulan suci Ramadan dan Lebaran 2023 (1444 H). Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan

03