29 April 2024 - 11:23 11:23

Kembangkan UMKM, SDG Jabar Latih Para Santri Olah Keripik Talas di Bogor

Kembangkan UMKM, SDG Jabar Latih Para Santri Olah Keripik Talas di Bogor

IPOL.ID – Pondok Pesantren Miftahul Falah di Desa Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengembangkan bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi para santrinya.

Minat mereka itu didorong dan difasilitasi oleh relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Wilayah Jawa Barat melalui kegiatan pelatihan UMKM bagi para santri, khususnya di bidang usaha kuliner atau jajanan khas Bogor.

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan Pelatihan UMKM Santri, yaitu pengolahan keripik talas yang bertempat di Kabupaten Bogor,” ujar Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Jawa Barat, Hakiki, Sabtu (27/5).



Dia mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan itu untuk mensosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para santri.

“Tujuan dari kegiatan ini karena kami ingin meningkatkan ekonomi santri, ekonomi pondok pesantren dari kreativitas-kreativitas yang ada (memanfaatkan) dari sumber daya alam sekitar. Salah satunya adalah pengolahan keripik talas,” terangnya.

Hakiki mengakui, keripik talas merupakan salah satu produk kuliner khas Bogor karena talas banyak diproduksi oleh para petani lokal.

Sehingga, produk tersebut berpotensi mendatangkan keuntungan bagi para santri maupun pondok pesantrennya.

Kegiatan kali ini pun mendapatkan respons positif dari para santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah. Bahkan sebelum pelatihan dimulai, warga sekitar pondok pesantren memanjatkan doa bersama untuk kelancaran Ganjar.

Hal itu dinilai sebagai salah satu bukti dukungan masyarakat setempat terhadap Ganjar.

“Masyarakat sangat mengapresiasi pelatihan itu dan pihak pondok pesantren juga sangat senang,” tambah Hakiki meyakinkan.



Dalam pelaksanaannya, pelatihan mengolah talas menjadi keripik dilakukan langsung oleh praktisi atau pelaku UMKM yang sudah sukses memproduksi keripik talas. Produk tersebut diakui sangat laris terjual terutama saat bulan Ramadan.

Melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dilakukan relawan SDG Jawa Barat, masyarakat semakin mendukung Ganjar menjadi Presiden 2024.

“Semoga ke depan, dukungan untuk Pak Ganjar di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor ini bisa terus meningkat. Sehingga Pak Ganjar bisa mendapatkan hasil baik di Jawa Barat,” harap Hakiki.

Salah satu pihak yang mengapresiasi kegiatan yang digagas relawan Ganjar itu adalah Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Falah, H Abdul Wadud.

Dia mengucapkan terima kasihnya atas bantuan peralatan elektronik dan lemari dari relawan SDG, sebagai menunjang kegiatan di pesantrennya.

Abdul pun meminta Ganjar terus memperhatikan pondok pesantren di seluruh Indonesia sebagai motivasi utama dalam memajukan bangsa dan Negara Indonesia ke depannya.

Tak lupa dirinya juga mendoakan agar Ganjar bisa terpilih menjadi Presiden 2024. “Harapan kami, mudah-mudahan Pak Ganjar ada dalam situasi sehat wal afiat dan mudah-mudahan apa yang kita harapkan (Ganjar menjadi 2024) dapat terwujud,” harap Abdul. (Joesvicar Iqbal/msb)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

01
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

02
|
29 April 2024 - 09:12
Diduga Korban Pengeroyokan, Mayat Pria Penuh Luka Mengapung di Sungai Kedungsiling

WARTAPENANEWS.COM – Mayat laki-laki ditemukan mengapung di Sungai Kedungsiling, perbatasan Kecamatan Gunungpati – Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Polisi menemukan sejumlah bukti awal, laki-laki yang tewas itu adalah korban pengeroyokan. Korban

03