8 May 2024 - 09:01 9:01

Kemenhub Pantau Pengoperasian Ojek Online di Lima Kota

WartaPenaNews, Jakarta – Kementerian Perhubungan telah mengatur pengoperasian ojek online dan telah diuji coba di lima kota.

Bila itu berhasil, Kemenhub berencana untuk memberlakukannya ke seluruh kota di Indonesia. Bukan hanya kepatuhan tarif, standar pelayanan minimal (SPM) juga menjadi perhatian.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyatakan, SPM yang diawasi berasal dari sisi aplikator seperti Go-Jek dan Grab. Salah satunya mengenai pembuatan selter-selter untuk pengemudi.

“Saya lihat sudah mulai dibangun. Fasilitasnya cukup baik,” ucapnya, kemarin (16/6).

Ditjen Perhubungan Darat akan menyosialisasikan aturan terkait SPM tersebut. Aplikator maupun pengemudi harus mematuhi. Dalam aturan Kemenhub tersebut, sanksi belum dimuat.

Terkait hal itu, Budi mengatakan bahwa pihaknya akan mengamati terlebih dahulu selama tiga bulan ini. Jika dirasa ada hal yang harus ditambahkan, aturan akan direvisi.

Selanjutnya, mengenai persaingan usaha tidak sehat, Kemenhub menyerahkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia.

Jika dirasa ada usaha untuk mematikan usaha pesaing, Ditjen Perhubungan Darat akan melapor ke KPPU. “Selanjutnya akan ditentukan sanksi oleh KPPU,” ungkapnya.

“Sebelumnya kami konsultasi dengan KPPU, OJK, dan Bank Indonesia menyangkut masalah alat pembayaran dari aplikator. Tentang diskon ini tidak boleh terus-menerus dan berlebihan, apalagi jika melanggar tarif batas atas dan batas bawah,” katanya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 08:49
Saat Ditanya Status Tersangka, Dirut Taspen Kosasih Pilih Bungkam

WARTAPENANEWS.COM – Antonius N. S. Kosasih, Direktur Utama PT Taspen, selesai menjalani pemeriksaan KPK setelah 9 jam. Ia diperiksa dari pukul 11.00 hingga 20.40 WIB. Ketik keluar dari Gedung Merah

01
|
8 May 2024 - 08:26
Rekor Buruk Shin Tae Yong saat Hadapi Wakil Negara Afrika

WARTAPENANEWS.COM – Timnas Indonesia U-23 menghadapi kesempatan terakhir untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Skuad Garuda akan melawan tim asal Afrika, Guinea U-23 di babak playoff. Kedua tim akan

02
|
8 May 2024 - 08:08
Gunung Semeru Pagi Ini Erupsi

WARTAPENANEWS.COM –  Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pagi ini, Rabu (8/5) pukul 05.43 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan semburan abu 600 meter di atas puncak. Gunung

03