26 May 2024 - 03:17 3:17

Keppres Terbit, 1 April Ditetapkan Hari Penyiaran Nasional

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah menetapkan tanggal 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional. Hal itu ditetapkan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 tahun 2019 tentang Hari Penyiaran Nasional yang diterbitkan, Jumat (29/3).

Dalam keppres tersebut disebut, penetapan Hari Penyiaran Nasional lakukan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa. Selain itu, guna mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memajukan kesejahteraan umum.

Adapun pemilihan 1 April, didasarkan pada peristiwa sejarah. Yakni didirikannya Lembaga Penyiaran Radio milik bangsa Indonesia yaitu Solosclre Radio Vereeniging (SRV) pada tanggal 1 April 1933 di Kota Solo, Jawa Tengah.

Radio yang diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegoro VII itu merupakan perintis berdirinya radio ketimuran milik bangsa Indonesia yang berjasa dalam menggunakan teknologi modern untuk pengembangan budaya Indonesia. Selain itu, pemangku kepentingan di bidang penyiaran telah melakukan Deklarasi Hari Penyiaran Nasional pada tanggal 1 April 2O10.

Meski ditetapkan sebagai hari nasional, namun 1 April tidak dijadikan tanggal merah. “Hari Penyiaran Nasional bukan merupakan hari libur,” bunyi petikan Keppres 9/2019 sebagaimana dilansir Sekretariat Kabinet.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Penyiaran Nasional. Menurutnya, hal itu merupakan cita-cita lama KPI yang ingin diwujudkan. “Ini ikhtiar KPI. Tentu KPI bahagia sekali,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin (31/3).

Dengan adanya peringatan hari Penyiaran Nasional, diharapkan ada momentum yang bisa digunakan sebagai momen evaluasi bersama setiap tahunnya. “Ini adalah wadah untuk saling mengingatkan. Ada wadah setiap tahunnya untuk konsolidasi penyiaran. Ada wadah bersama,” imbuhnya.

Sehingga ke depannya, lanjut dia, KPI sebagai rumah penyiaran Indonesia bisa terus mengembangkan diri menjadi guna mewujudkan kualitas siaran yang semakin sehat. “Bersama-sama kita menghasilkan karya terbaik untuk negeri kita,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03