24 April 2024 - 01:55 1:55

Keppres Terbit, 1 April Ditetapkan Hari Penyiaran Nasional

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah menetapkan tanggal 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional. Hal itu ditetapkan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 tahun 2019 tentang Hari Penyiaran Nasional yang diterbitkan, Jumat (29/3).

Dalam keppres tersebut disebut, penetapan Hari Penyiaran Nasional lakukan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa. Selain itu, guna mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memajukan kesejahteraan umum.

Adapun pemilihan 1 April, didasarkan pada peristiwa sejarah. Yakni didirikannya Lembaga Penyiaran Radio milik bangsa Indonesia yaitu Solosclre Radio Vereeniging (SRV) pada tanggal 1 April 1933 di Kota Solo, Jawa Tengah.

Radio yang diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegoro VII itu merupakan perintis berdirinya radio ketimuran milik bangsa Indonesia yang berjasa dalam menggunakan teknologi modern untuk pengembangan budaya Indonesia. Selain itu, pemangku kepentingan di bidang penyiaran telah melakukan Deklarasi Hari Penyiaran Nasional pada tanggal 1 April 2O10.

Meski ditetapkan sebagai hari nasional, namun 1 April tidak dijadikan tanggal merah. “Hari Penyiaran Nasional bukan merupakan hari libur,” bunyi petikan Keppres 9/2019 sebagaimana dilansir Sekretariat Kabinet.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Penyiaran Nasional. Menurutnya, hal itu merupakan cita-cita lama KPI yang ingin diwujudkan. “Ini ikhtiar KPI. Tentu KPI bahagia sekali,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin (31/3).

Dengan adanya peringatan hari Penyiaran Nasional, diharapkan ada momentum yang bisa digunakan sebagai momen evaluasi bersama setiap tahunnya. “Ini adalah wadah untuk saling mengingatkan. Ada wadah setiap tahunnya untuk konsolidasi penyiaran. Ada wadah bersama,” imbuhnya.

Sehingga ke depannya, lanjut dia, KPI sebagai rumah penyiaran Indonesia bisa terus mengembangkan diri menjadi guna mewujudkan kualitas siaran yang semakin sehat. “Bersama-sama kita menghasilkan karya terbaik untuk negeri kita,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03