7 Februari 2023 - 09:56 9:56

KKSB Kembali Tebar Teror, Ancam Kepala Daerah

WartaPenaNews, Jakarta – Kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) kembali menebar teror. Mereka mengancam seluruh kepala daerah di Papua. Kelompok yang menamai diri sebagai Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) meminta semua bupati untuk menghentikan upaya pemekaran daerah. Bila tidak mengindahkannya, maka TPNPNB-OPM akan mencari para bupati yang masih ingin melakukan pemekaran.

Dalam keterangan tertulisnya, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menuturkan bahwa pihaknya menolak semua program pembangunan di Papua, karena itu pemekaran daerah juga ditolak. “Ini peringatan keras kepada dua gubernur dan semua bupati,” terangnya, kemarin (24/3).

Pemekaran daerah itu dinilai bukan untuk kesejahteraan rakyat Papua. Melainkan, justru untuk dominasi dari penduduk imigran dari Pulau Jawa. “Peringatan ini lebih khusus juga untuk bupati di Mepago. Mereka sangat ambisius memekarkan daerah tanpa mempertimbangkan hak dan keselamatan orang Asli Papua,” jelasnya.

TPNPB-OPM mendengar terkait rencana pemekaran membentuk provinsi Tabi. Upaya itu dilakukan oleh Walikota Jayapura Tomi Mano. “Kami minta stop untuk bikin provinsi Tabi,” terangnya.

Bila para bupati ini tidak menghentikan upayanya, dia menjelaskan bahwa TPNPB-OPM akan mencari para bupati tersebut. “Silahkan bekerja ke pemerintah untuk penuhi kebutuhan hidup, tapi jangan korbankan hak hidup orang Papua,” ungkapnya.

Sementara itu Panglima Kodap II TPNPB-OPM Ekianus Kogeya menuturkan, penembakan terhadap tiga anggota Polri memang dilakukan kelompoknya. “Kami siap bertanggungjawab atas penembakan di lapangan terbang itu,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Setelah penembakan terhadap anggota Polri, TPNPB menambah jumlah senjatanya. Dari yang awalnya hanya satu menjadi empat pucuk senjata. “Kami bukan KKSB, kami minta pemerintah Indonesia mengakui perang kami,” ujarnya.

Sementara Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, pasca penembakan terhadap anggota Polri, maka dilakukan peningkatan pengamanan. “Jumlah personil juga ditambah,” urainya.

Apalagi, dalam waktu dekat akan digelar pemilu di Papua, karenanya pengamanan akan dilakukan secara maksimal. “Pengamanan dilipatgandakan,” terang mantan Wakapolda Kalimantan Tengah tersebut. Ancaman seperti apapun, Polri akan siap untuk mengantisipasinya. “Keamanan di Papua dijamin dengan kehadiran personil,” terangnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
7 Februari 2023 - 08:09
Banyaknya Luka Ditemukan pada Jenazah Mahasiswa Politeknik di Surabaya

wartapenanews.com - Sejumlah luka didapati pada tubuh MR (20), mahasiswa politeknik di Surabaya timur yang meninggal, diduga akibat dianiaya dan dikeroyok seniornya. Kondisi MR tersebut dibeberkan Muhammad Yani, ayah kandungnya.

01
|
7 Februari 2023 - 07:29
BPOM Selidiki Kasus Gagal Ginjal yang Menewaskan 1 Anak

wartapenanews.com - Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak (GGAPA) ditemukan lagi setelah lama 'menghilang'. Hal itu disampaikan epidemiolog UI Pandu Riono yang biasa berkoordinasi soal surveilans kesehatan di Ibu Kota. "Terdeteksi

02
|
7 Februari 2023 - 07:06
Gempa Susulan 5,2 Magnitudo, Kali Ini Berpusat di Muara Binuangeun Banten

wartapenanews.com - Gempa susulan terjadi di Banten, kali ini berpusat di Muara Binuangeun dengan kekuatan 5,2 magnitudo, Selasa (7/2). Gempa itu terjadi setelah beberapa detik atau tepatnya pukul 07.35 WIB.

03