10 May 2024 - 10:55 10:55

Konsumsi Buah Ini Bagus Bagi Tubuh

WartaPenaNews, Jakarta -  Manfaat buah pisang untuk kesehatan hingga kecantikan memang tidak diragukan lagi, apalagi ini di antara buah yang tertulis dalam firman Allah SWT di Surah Al-Waqiah.

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah.” (QS. Al Waqi’ah Ayat: 27-31).

Buah ini sebenarnya sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Pada berbagai sumber menyebutkan pisang berasal dari India, namun tak sedikit yang menyebut bahwa buah ini juga berasal dari Asia Tenggara.

Lalu dibawa ke Afrika Barat, Amerika Tengah dan Selatan oleh penyebar agama Islam. Indonesia sendiri merupakan negara produsen pisang nomor empat di dunia. Lalu apa saja manfaatnya?

Manfaat Buah Pisang

1. Pisang mengandung gizi yang sempurna
Kesempurnaan buah pisang meliputi 6 nutrisi seperti air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Meskipun kandungan gulanya tinggi, tapi pada sisi lainnya pisang juga mengandung serat larut pektin.

Tugasnya menyeimbangkan kadar gula di dalam darah dan bisa memperlancar pencernaan. Kandungan lainnya seperti kalium dan magnesiumnya juga baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

2. Pencegah osteomalasia dan osteoporosis
Setiap 1 kg pisang terdapat 1 gram kalsium di dalamnya, sementara manusia membutuhkan kira-kira 1,5 gram kalsium untuk asupan sehari-hari. Nah tentu ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang dairy intolerant atau tidak bisa mengkonsumsi susu.

Tak heran pisang juga penting banget untuk mencegah osteomalasia (pelunakan tulang pada bayi dan anak) serta osteoporosis (pengeroposan tulang pada manula). Terlebih bagi ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui karena membutuhkan kalsium.

3. Memberikan asupan energi tubuh
Perlu dicatat bahwa setiap 100 gram pisang yang segar senilai nutrisi 100 kalori bagi tubuh. Kandungan kalori tersebut sama besarnya dengan 100 gram daging.

Dengan jumlah kalori ini, tentunya mencukupi dan bisa memberikan sumber energi bagi manusia. Tak heran banyak pelari yang disarankan mengkonsumsi pisang sebelum lari.

itulah manfaat buah pisang yang baik untuk kesehatan. Mulai sekarang jangan lupa untuk makan buah pisang dalam makanan sehari-hari ya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03