3 May 2024 - 15:05 15:05

Konsumsi Sayur Berdaun Hijau Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

WartaPenaNews, Jakarta – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar gula darah, dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi banyak sayuran. Di antara banyak sayur yang harus Anda konsumsi, salah satunya adalah sayur berbatang merah dan berdaun hijau ini.

Secara ilmiah disebut sebagai Rheum rhabarbarum, rhubarb milik keluarga Polygonaceae. Memiliki rasa asam dan batang yang tebal, buah sayur-sayuran berkisar dalam warna dari merah muda ke merah ke hijau pucat.

Rhubarb biasanya dikonsumsi setelah dimasak dan dimaniskan dengan gula. Pada masa awal, hanya akar rhubarb yang digunakan, dan itu juga hanya untuk tujuan pengobatan. Namun, batang rhubarb sekarang banyak digunakan.

Rhubarb memiliki rasa yang mirip dengan apel hijau serta seledri.

Nilai Gizi

Rhubarb dalam 100 gram mengandung 21 kalori energi, 0,3 gram lemak, 0,8 gram protein, tiamin 0,02 mg, riboflavin 0,03 mg, niasin 0,3 mg, asam pantotenat 0,085 mg, vitamin B6 0,024 mg, vitamin E 0,6 mg, vitamin E 0,27 mg, zat besi 0,1 mg dan 0,1 mg mg seng.

Manfaat Kesehatan Rhubarb

Dari membantu menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan berat badan, juga merangsang pertumbuhan tulang. Berikut di antara beragam manfaat Rhubarb.

1. Membantu menurunkan berat badan

Rendah kalori, rhubarb sering direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan ekstra. Senyawa organik dalam buah mempercepat metabolisme Anda dengan cara yang sehat, yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak.

2. Meningkatkan pencernaan

Tingginya jumlah serat makanan dalam rhubarb memainkan peran utama dalam meningkatkan proses pencernaan. Mengkonsumsi rhubarb dapat membantu menyembuhkan masalah terkait pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan seperti kram dan kembung.

3. Mengelola kesehatan jantung

Kaya serat, rhubarb membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Menurut sebuah penelitian, konsumsi rhubarb yang terkontrol efektif dalam mengatur kadar kolesterol.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin K yang ada dalam rhubarb berperan besar dalam meningkatkan kesehatan tulang. Ini membantu mempromosikan aktivitas osteotropik, sehingga merangsang pertumbuhan dan perbaikan tulang. Demikian juga, kombinasi vitamin dengan jumlah kalsium yang kaya dalam rhubarb sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang.

5. Mencegah Alzheimer

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Brain Research Bulletin, dinyatakan bahwa senyawa yang ditemukan di rhubarb (rhaponticin) efektif dalam mencegah dan melindungi sistem neurologis Anda dari efek negatif amiloid beta, yang bertanggung jawab untuk pembuatan plak amiloid yang ditemukan. di otak – bertanggung jawab untuk penyakit Alzheimer.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Mengandung tembaga dan besi dalam rhubarb membantu merangsang pertumbuhan sel darah merah baru dan meningkatkan jumlah RBC. Ini juga membantu meningkatkan oksigenasi dalam tubuh. Dan pada gilirannya meningkatkan dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Menurunkan kadar gula darah

Senyawa rhaponticin yang ada dalam rhubarb bermanfaat dalam meningkatkan dan mengelola kadar gula darah. Ini dapat membantu menormalkan kadar gula darah. Pada gilirannya, membantu mencegah perkembangan diabetes.

8. Mencegah kanker

Sumber yang baik dari senyawa beta-karoten dan polifenolik seperti lutein dan zeaxanthin, rhubarb dinyatakan bermanfaat dalam mencegah timbulnya kanker. Ini menghancurkan sel-sel radikal bebas dan melindungi sel-sel Anda dari menjadi kerusakan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03