2 Februari 2023 - 19:23 19:23
728x90

Korban Tewas ke-132 Tragedi Kanjuruhan, Helen Prisela Sempat Cuci Darah karena Infeksi Paru-paru

wartapenanews.com – Helen Prisela (21) korban tragedi Kanjuruhan, yang sempat menjalani perawatan selama 10 hari di RSUD Saiful Anwar dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (11/10/2022), pukul 14.25 WIB, karena menerima luka dan trauma serius. Dengan berpulangnya Helen maka jumlah korban tewas akibat tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan mencapai 132 orang.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan data korban tewas telah divalidasi sejak pukul 17.00 WIB. Korban yang usianya masih produktif harus berpulang lantaran mengalami multiple trauma ekstra kranial (banyak trauma di luar kepala), peritoneal bleeding (perdarahan dalam perut) dan sepsis (infeksi luas).

“Pasien sudah sempat dilakukan cuci darah insidental (CRRT),” kata Dedi, membeberkan hasil pemeriksaan dokter yang merawat korban, yakni dr Syaifulloh Ghani Sp OT Wadiryan RSSA.

Dia melanjutkan, korban yang diketahui warga Dusun Banjar Patoman RT 2 RW 4 Desa Amandanom Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, datang ke RSUD Saiful Anwar pada Minggu (2/10/2022) dengan status pasien luka sedang dan sempat menjalani perawatan di ruang Ranu Kumbolo. Empat hari di sana baru dipindahkan ke ruang ICU.

Dedi menuturkan untuk data korban luka belum mengalami perubahan. Sebanyak 607 orang yang menjalani perwatan 532 diantaranya menderita luka ringan, 49 orang luka sedang, dan 26 orang luka berat.

Secara terpisah, spesialis anastesi konsultan ICU RSUD Saiful Anwar, dr Arie Zainul Fatoni, yang turut merawat Helen membeberkan pasien mengalami oksigenasi ke paru-paru sehingga mengalami gagal napas akut. Hal ini disebabkan pasien mengalami cedera pada luar paru-paru akibat trauma yang mengakibatkan komplikasi cedera paru-paru.

“Kami ucapkan belasungkawa terhadap meninggalnya Helen Prisela pukul 14.25 WIB, karena mengalami oksigenasi yang ke paru-parunya sangat jelek, sehingga mengalami gagal napas akut,” kata Arie.

Menurutnya, korban sejak dirawat di RSUD Saiful Anwar Kota Malang tersebut sudah dalam kondisi menuju kritis. Seiring berjalannya waktu, kondisi korban memburuk termasuk mengalami pendarahan pada organ bagian dalam.

“Sejak masuk sudah dalam kondisi agak kritis, namun, dalam perjalanannya didapatkan perburukan. Karena masuk sudah dengan multi trauma, kemudian ada pendarahan di organ dalam,” katanya.

ICU RSUD Saiful Anwar sejauh ini masih merawat sebanyak lima orang korban tragedi Kanjuruhan. Sementara pada ruang HCU saat ini masih dirawat empat orang korban.

“Untuk di ICU ada lima korban yang dirawat, sedangkan di HCU ada empat, dua diantaranya akan melaksanakan operasi, namun kami pastikan kondisinya stabil dulu,” ujar dr Arie.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03