2 Februari 2023 - 17:58 17:58
728x90

KPK Dorong Kepala Daerah Pecat PNS yang Korupsi

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong kepala daerah serta pimpinan instansi untuk segera memberhentikan pegawai negeri sipil (PNS) yang terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Hal ini berdasar pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri PAN RB, dan Kepala BKN Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018. SKB itu mengatur soal penegakan hukum bagi para PNS yang telah inkrah putusannya dalam kasus korupsi.

“Kami melihat memang masih ada sejumlah kepala daerah dan pimpinan instansi yang masih tidak mematuhi aturan tersebut,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Kuningan, Jakarta, Rabu (23/1).

Febri mengatakan, ada risiko kerugian keuangan negara yang diakibatkan oleh pembayaran gaji PNS tersebut. “Jadi ada risiko hukum dan keuangan yang seharusnya menjadi pertimbangan serius bagi para PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian),” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan data Pusat Data Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN, sedikitnya 393 dari 2.357 PNS yang terbukti bersalah melakukan korupsi telah dipecat dari jabatannya.

“Dari jumlah 2.357 tersebut, hingga 14 Januari 2019, baru 393 PNS yang sudah ditetapkan Surat Keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (SK PTDH) sebagai PNS oleh masing-masing PPK,” ujar Kabiro Humas BKN, Mohammad Ridwan, Selasa (22/1).

Ridwan menambahkan, terdapat 498 PNS yang juga dipecat lantaran kasus yang sama. Jumlah tersebut di luar data 2.357 PNS yang disebutkan tadi.

“Sehingga dari keseluruhan data tersebut, hingga 14 Januari 2019 terdapat 891 PNS kasus Tipikor yang sudah ditetapkan SK PTDH (Pemecatan Tidak Dengan Hormat)-nya,” ucap Ridwan.

Pemecatan PNS korupsi ini awalnya ditargetkan tuntas pada akhir 2018. Proses pemecatan ini dimulai usai dilakukan pertemuan antara Mendagri, MenPAN RB, Kepala BKN dan KPK. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03