8 Juni 2023 - 05:04 5:04

KPK Dorong Kepala Daerah Pecat PNS yang Korupsi

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong kepala daerah serta pimpinan instansi untuk segera memberhentikan pegawai negeri sipil (PNS) yang terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Hal ini berdasar pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri PAN RB, dan Kepala BKN Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018. SKB itu mengatur soal penegakan hukum bagi para PNS yang telah inkrah putusannya dalam kasus korupsi.

“Kami melihat memang masih ada sejumlah kepala daerah dan pimpinan instansi yang masih tidak mematuhi aturan tersebut,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Kuningan, Jakarta, Rabu (23/1).

Febri mengatakan, ada risiko kerugian keuangan negara yang diakibatkan oleh pembayaran gaji PNS tersebut. “Jadi ada risiko hukum dan keuangan yang seharusnya menjadi pertimbangan serius bagi para PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian),” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan data Pusat Data Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN, sedikitnya 393 dari 2.357 PNS yang terbukti bersalah melakukan korupsi telah dipecat dari jabatannya.

“Dari jumlah 2.357 tersebut, hingga 14 Januari 2019, baru 393 PNS yang sudah ditetapkan Surat Keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (SK PTDH) sebagai PNS oleh masing-masing PPK,” ujar Kabiro Humas BKN, Mohammad Ridwan, Selasa (22/1).

Ridwan menambahkan, terdapat 498 PNS yang juga dipecat lantaran kasus yang sama. Jumlah tersebut di luar data 2.357 PNS yang disebutkan tadi.

“Sehingga dari keseluruhan data tersebut, hingga 14 Januari 2019 terdapat 891 PNS kasus Tipikor yang sudah ditetapkan SK PTDH (Pemecatan Tidak Dengan Hormat)-nya,” ucap Ridwan.

Pemecatan PNS korupsi ini awalnya ditargetkan tuntas pada akhir 2018. Proses pemecatan ini dimulai usai dilakukan pertemuan antara Mendagri, MenPAN RB, Kepala BKN dan KPK. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Jalan Tol Serbaraja bakal mendongkrak jalur distribusi daerah penyangga ibu kota Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Anak Usaha Sinar Mas Land, Koneksikan Jakarta-Tangerang-Banten
Leunca
Khasiat Menakjubkan Konsumsi Leunca untuk Obati Asam Urat
penemuan mayat
Mayat Tanpa Busana di Depok Sulit Diidentifikasi karena Kondisi Tak Utuh
tulang
Kenali dan Rawat Tulang Belakang Anda dengan Kasur yang Tepat
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
Rossarin Klinhom Foto: BabeOfTheDay
Model Seksi Asal Thailand Ini Gunakan Pakaian Dalam saat Main Kayak
siswi
Siswi Kelas 1 SMP Ini Sudah Bersetubuh dengan Belasan Teman Prianya
satu 1
10 Rekomendasi Film Kanibal Paling Sadis dan Mengerikan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
7 Juni 2023 - 12:13
Soal Perpanjangan Masa Jabatan Pimpinan KPK, Jokowi: Tunggu Kajian Menkopolhukam

wartapenanews.com - Presiden Jokowi menanggapi singkat soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memperpanjang masa jabatan pimpinan KPK menjadi 5 tahun. Apa kata Jokowi? "Masih dalam kajian dan telaah dari Menkopolhukam.

01
|
7 Juni 2023 - 11:16
Jatuh dari Lantai 7, Seorang Pekerja Bangunan di Gondangdia Tewas

wartapenanews.com -  Seorang pekerja bangunan berinisial HA (30) tewas setelah terjatuh dari 7 proyek bangunan yang beralamat di Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (5/6). Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Komaruddin mengatakan,

02
|
7 Juni 2023 - 10:15
Resmi Gabung Al Ittihad, Benzema Dibayar 61 Miliar dalam Seminggu

wartapenanews.com - Karim Benzema memastikan gabung klub Arab Al Ittihad setelah resmi berpisah dengan Real Madrid. Benzema sudah menandatangani kontrak dengan raksasa Saudi Proleague tersebut untuk durasi kontrak 2 tahun,

03