13 May 2024 - 15:27 15:27

Kru KM Dobonsolo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Pelabuhan Jayapura

WartaPenaNews, Jayapura – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PT PELNI (Persero) bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang disertai dengan pelaksanaan rapid test terhadap seluruh kru kapal KM Dobonsolo yang tiba pada Senin (20/4) di Pelabuhan Jayapura. KM Dobonsolo tiba dengan membawa muatan logistik dalam rangka misi kemanusiaan guna menjaga stabilitas pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kota Jayapura.

Berdasarkan hasil test, yang dilakukan pada Senin (20/4) diketahui 6 kru kapal menunjukan hasil yang reaktif terhadap test. “Merujuk pada hasil rapid test, telah dilakukan pemeriksaan swab terhadap 6 orang kru tersebut dan berdasarkan hasil yang diterima pada hari ini (21/4) sebanyak 5 kru negatif covid-19 sedangkan satu orang terindikasi positif dan telah diturunkan dari kapal untuk mendapatkan penanganan serta pengawasan lebih lanjut di rumah sakit,” terang Yahya Kuncoro selaku Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero).

Pelaksanaan pemeriksaan swab kembali dilakukan pada Selasa (21/4) terhadap 5 orang kru kapal. Sesuai rencana, hasil akan diterima pihak Perusahaan pada Rabu (22/4). Jika terdapat hasil positif, maka yang bersangkutan akan diturunkan dari atas kapal untuk dirujuk ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kini, seluruh kru KM Dobonsolo masih menjalani isolasi mandiri secara terpisah di atas kapal. Pelaksanaan isolasi secara mandiri ini mendapatkan pengawasan dari KKP Jayapura serta Manajemen. “Kami telah menginstruksikan kepada seluruh kru untuk tetap menjaga pola aktifitas dan istirahat sehingga imunitas tubuh dapat meningkat dan terhindar dari paparan Covid-19,” ungkap Yahya.

Baca Juga: Sebelum Virus Corona, Warga China Hobi Ternak dan Konsumsi Tikus Besar

Sebagai informasi, KM Dobonsolo berencana untuk melakukan portstay di Pelabuhan Sorong. Hingga kini, Manajemen PELNI masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait berkenaan dengan pelaksanaan tersebut.

KM Dobonsolo adalah salah satu armada kapal milik PT PELNI (Persero) dengan kapasitas 2000 pax. Kapal ini melayani rute Tg.Priok – Surabaya – Makassar – Bau-bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura – Serui – Sorong – Ambon – Bau-bau – Makassar – Surabaya – Tg.Priok.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. (Azk)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
13 May 2024 - 12:18
Ratusan Warga Agam Mengungsi akibat Diterjang Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang dari Gunung Marapi melanda Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5). Akibatnya, ratusan warga dari 74 KK mengungsi ke SDN 08 Kubang Duo, Kabupaten Agam. Para pengungsi

01
|
13 May 2024 - 11:16
Menhan Sergei Shoigu Dipecat Putin

WARTAPENANEWS.COM – Presiden Rusia memecat Menteri Pertahanan Sergei Shoigu pada Minggu (12/5). Ini merupakan perubahan terbesar pada pimpinan militer Rusia semasa perang Ukraina sejak 2022 lalu. Putin akan mengganti posisi

02
|
13 May 2024 - 10:15
Dini Hari Tadi, Gunung Semeru Erupsi 4 Kali

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada Senin (13/5) dini hari. Tercatat ada 4 kali erupsi. "Erupsi pertama terjadi pada

03