23 June 2024 - 13:46 13:46

Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Kematian Hingga 9 Persen

WartaPenaNews, Jakarta – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur lebih dari sepuluh jam bisa meningkatkan risiko kematian hingga 41 persen.

Orang yang tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 6 jam memiliki risiko kematian prematur. Sementara tidur kurang dikaitkan dengan sejumlah penyakit, termasuk peningkatan risiko gagal jantung serta peningkatan risiko kanker, tidur lebih dari delapan jam atau lebih bisa meningkatkan tingkat kematian Anda.

Tidur antara sembilan dan sepuluh jam sehari meningkatkan risiko Anda sebesar 17 persen.

Ini terjadi mungkin karena orang-orang memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan mereka tidur lebih lama, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau bahkan kematian.

“Tidur siang dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular utama dan kematian pada mereka yang tidurnya lebih dari enam jam malam tetapi tidak pada mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam,” kata salah satu peneliti, Chuangshi Wang, seperti dilansir laman India Times, Rabu (6/3).

Para peneliti juga melaporkan bahwa tidur selama kurang dari enam jam bisa meningkatkan kematian hingga sembilan persen.

Orang-orang yang tidur lebih sedikit dari yang direkomendasikan bisa menggunakan tidur siang untuk mengisi waktu yang mereka lewatkan di malam hari, menurut penelitian yang dilakukan di McMaster dan Peking Union Medical College.

“Studi kami menunjukkan bahwa durasi optimal perkiraan tidur adalah enam sampai delapan jam per hari untuk orang dewasa,” jelas Wang.

“Mengingat bahwa ini adalah penelitian observasional yang hanya bisa menunjukkan hubungan daripada membuktikan hubungan kausal, kita tidak bisa mengatakan bahwa terlalu banyak tidur menyebabkan penyakit kardiovaskular,” pungkas Wang, penulis utama studi yang dipublikasikan dalam European Heart Journal. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03