27 February 2024 - 22:37 22:37

Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Kematian Hingga 9 Persen

WartaPenaNews, Jakarta – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur lebih dari sepuluh jam bisa meningkatkan risiko kematian hingga 41 persen.

Orang yang tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 6 jam memiliki risiko kematian prematur. Sementara tidur kurang dikaitkan dengan sejumlah penyakit, termasuk peningkatan risiko gagal jantung serta peningkatan risiko kanker, tidur lebih dari delapan jam atau lebih bisa meningkatkan tingkat kematian Anda.

Tidur antara sembilan dan sepuluh jam sehari meningkatkan risiko Anda sebesar 17 persen.

Ini terjadi mungkin karena orang-orang memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan mereka tidur lebih lama, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau bahkan kematian.

“Tidur siang dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular utama dan kematian pada mereka yang tidurnya lebih dari enam jam malam tetapi tidak pada mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam,” kata salah satu peneliti, Chuangshi Wang, seperti dilansir laman India Times, Rabu (6/3).

Para peneliti juga melaporkan bahwa tidur selama kurang dari enam jam bisa meningkatkan kematian hingga sembilan persen.

Orang-orang yang tidur lebih sedikit dari yang direkomendasikan bisa menggunakan tidur siang untuk mengisi waktu yang mereka lewatkan di malam hari, menurut penelitian yang dilakukan di McMaster dan Peking Union Medical College.

“Studi kami menunjukkan bahwa durasi optimal perkiraan tidur adalah enam sampai delapan jam per hari untuk orang dewasa,” jelas Wang.

“Mengingat bahwa ini adalah penelitian observasional yang hanya bisa menunjukkan hubungan daripada membuktikan hubungan kausal, kita tidak bisa mengatakan bahwa terlalu banyak tidur menyebabkan penyakit kardiovaskular,” pungkas Wang, penulis utama studi yang dipublikasikan dalam European Heart Journal. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03