30 Januari 2023 - 15:06 15:06
728x90

Manfaat Konsumsi Asam Jawa untuk Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Asam jawa atau dalam bahasa latin disebut Tamarindus indica, asam jawa selain digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan, juga dapat memberikan khasiat kesehatan pada tubuh.

Dilansir dari Organic Facts, ada berbagai macam khasiat konsumsi asam jawa secara rutin. Tak hanya dibuat dalam olahan masakan, tetapi ada beberapa cara lain untuk mengonsumsinya.

Meningkatkan Pencernaan
Asam Jawa telah lama dipercaya sebagai pencahar alami karena kaya kandungan serat. Sehingga menjadikan usus bergerak dengan mudah melalui otot polos saluran usus untuk mempercepat pencernaan.

Melindungi Jantung
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology tentang asam jawa menunjukkan bahwa obat ini efektif menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kandungan serat dalam asam Jawa ada hubungannya dengan pengurangan kolesterol. Kalium dalam asam Jawa bisa menstabilkan tekanan darah.

Meningkatkan Fungsi Saraf
Salah satu vitamin paling penting dalam asam Jawa adalah B kompleks. Tiamin, bagian penting dari keluarga vitamin B, ditemukan dalam jumlah tinggi di dalam asam Jawa. Tiamin bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf, serta perkembangan otot, yang dapat membantu tetap aktif, mempertahankan refleks, dan tetap kuat.

Turunkan Berat Badan
Salah satu senyawa unik yang dapat diekstraksi dari asam Jawa ketika digunakan sebagai bumbu yakni asam hidroksisitrat (HCA). HCA terhubung dengan penurunan berat badan karena telah terbukti menghambat enzim yang menyimpan lemak. Selain itu, bisa menekan nafsu makan dengan meningkatkan neurotransmitter serotonin.

Mengelola Diabetes
Bersamaan dengan kemampuannya untuk menghentikan kenaikan berat badan, asam Jawa juga menghambat enzim alpha-amylase. Karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dan insulin yang tidak terkontrol. Asam Jawa dapat membantu memantau dan mengendalikan fluktuasi ini.

Anti-inflamasi
Lupeol ditemukan di asam Jawa memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker. Minyak asam Jawa telah dihubungkan dengan sejumlah kemampuan antiinflamasi, termasuk pengurangan nyeri sendi dan peradangan, radang sendi, kondisi rematik, dan asam urat.

Meningkatkan Kekebalan
Antioksidan asam Jawa sangat besar. Vitamin C tingkat tinggi membuat asam Jawa menjadi solusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjauhkan seseorang dari infeksi mikroba dan jamur. Bisa mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh karena efek antiseptik dan antimikroba. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03