29 March 2024 - 15:38 15:38

Manfaat Konsumsi Asam Jawa untuk Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Asam jawa atau dalam bahasa latin disebut Tamarindus indica, asam jawa selain digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan, juga dapat memberikan khasiat kesehatan pada tubuh.

Dilansir dari Organic Facts, ada berbagai macam khasiat konsumsi asam jawa secara rutin. Tak hanya dibuat dalam olahan masakan, tetapi ada beberapa cara lain untuk mengonsumsinya.

Meningkatkan Pencernaan
Asam Jawa telah lama dipercaya sebagai pencahar alami karena kaya kandungan serat. Sehingga menjadikan usus bergerak dengan mudah melalui otot polos saluran usus untuk mempercepat pencernaan.

Melindungi Jantung
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology tentang asam jawa menunjukkan bahwa obat ini efektif menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kandungan serat dalam asam Jawa ada hubungannya dengan pengurangan kolesterol. Kalium dalam asam Jawa bisa menstabilkan tekanan darah.

Meningkatkan Fungsi Saraf
Salah satu vitamin paling penting dalam asam Jawa adalah B kompleks. Tiamin, bagian penting dari keluarga vitamin B, ditemukan dalam jumlah tinggi di dalam asam Jawa. Tiamin bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf, serta perkembangan otot, yang dapat membantu tetap aktif, mempertahankan refleks, dan tetap kuat.

Turunkan Berat Badan
Salah satu senyawa unik yang dapat diekstraksi dari asam Jawa ketika digunakan sebagai bumbu yakni asam hidroksisitrat (HCA). HCA terhubung dengan penurunan berat badan karena telah terbukti menghambat enzim yang menyimpan lemak. Selain itu, bisa menekan nafsu makan dengan meningkatkan neurotransmitter serotonin.

Mengelola Diabetes
Bersamaan dengan kemampuannya untuk menghentikan kenaikan berat badan, asam Jawa juga menghambat enzim alpha-amylase. Karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dan insulin yang tidak terkontrol. Asam Jawa dapat membantu memantau dan mengendalikan fluktuasi ini.

Anti-inflamasi
Lupeol ditemukan di asam Jawa memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker. Minyak asam Jawa telah dihubungkan dengan sejumlah kemampuan antiinflamasi, termasuk pengurangan nyeri sendi dan peradangan, radang sendi, kondisi rematik, dan asam urat.

Meningkatkan Kekebalan
Antioksidan asam Jawa sangat besar. Vitamin C tingkat tinggi membuat asam Jawa menjadi solusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjauhkan seseorang dari infeksi mikroba dan jamur. Bisa mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh karena efek antiseptik dan antimikroba. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03