3 May 2024 - 21:25 21:25

Langgar Aturan Organisasi, Waketum PWNU Jatim Dicopot dari Jabatannya

WARTAPENANEWS.COM – Waketum PWNU Jatim, KH Abdus Salam Shohib atau Gus Salam, dicopot dari jabatannya. Surat pemecatan itu ditandatangani oleh Ketua PBNU Abdullah Latopada dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Faisal Saimina.

Dalam surat yang diterbitkan PBNU dengan Nomor 831/PB.03/A.I.03.44/99/08/23 tertanggal 8 Agustus 2023 diketahui alasan pemecatan terkait dugaan pelanggaran organisasi karena turut terlibat menggugat PBNU soal kepengurusan PCNU Jombang.

“Bahwa di antara para penggugat terdapat pejabat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur atas nama Abd Salam (atau KH Abdus Salam Shohib) dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Mojoagung atas nama Sugianto,” demikian isi surat tersebut.

Dihubungi terpisah, Gus Salam membenarkan adanya pemecatan dirinya sebagai Wakil Ketua PWNU Jatim. Dia mengaku menerima keputusan tersebut.

“Saya menerima dengan lapang dada terhadap apa pun keputusan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Timur dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, sebagai konsekuensi dari tindakan saya dan apa yang saya lakukan,” ujar Gus Salam di PWNU Jatim, Rabu (16/8).

Menurutnya, berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama merupakan manifestasi dari kebanggaan, kecintaan dan kewajiban sebagai santri.

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang itu berharap semoga dirinya tetap diakui sebagai Santri oleh para Pendiri Nahdlatul Ulama.

“Saya berterima kasih dan bersyukur. Terhadap keputusan ini (sesuai surat PBNU tersebut) saya anggap sebagai Nasihat dan Wasiat bi atTaqwa,” ungkapnya.

Cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri ini mengajak kepada semuanya agar terus menjaga kerukunan, kekompakan dan keikhlasan dalam berkhidmat di Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.

“Insya Allah (Semoga Allah SWT meridhoi), Saya akan tetap berkhidmat di Jam’iyyah Nahdlatul Ulama meski tidak lagi di dalam struktur kepengurusan (melalui Jalur kultural). Tidak lain, ingin mengambil hikmah dari Q.S. Yusuf, ayat 53,” lanjut dia.

Terakhir, Gus Salam juga memohon maaf kepada seluruh warga Nahdliyin, khususnya para Masyayikh-Habaib Jam’iyyah Nahdlatul Ulama karena telah membuat kegaduhan dan keresahan.

“Dan, saya terus berdoa semoga Jam’iyyah Nahdlatul Ulama mulai dari PBNU hingga Ranting dan Anak Ranting semakin baik dan berjaya dalam berkhidmat kepada ummat dan masyarakat,” tutupnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03