20 April 2024 - 02:37 2:37

Lebih dari 49 Hektare Lahan di Mempawah Terbakar

wartapenanews.com –   Kebakaran lahan di wilayah Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalbar, kian meluas. Hingga Senin sore, 20 Februari 2023, tim gabungan terus berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut tersebut.

“Jadi ini lanjutan kebakaran lahan yang terjadi Minggu lalu. Sempat terkendali karena adanya hujan, namun ternyata kembali terbakar dan semakin meluas,” ungkap Kabid Damkar BPBD Kabupaten Mempawah, Desvan, kepada awak media, Selasa, 21 Februari 2023.

Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 49 hektare bahkan lebih. Luas lahan yang terbakar diprediksi akan terus bertambah meningkat api dengan cepat menyebar.

“Terakhir kemarin luas lahan yang terbakar sudah mencapai 49 hektare dan sekarang mungkin sudah lebih dari itu. Sementara bentang wilayah atau radius titik api, berdasarkan pantauan menggunakan drone juga sudah sekitar 1 km x 1 km,” ujar Desvan.

“Kita juga kewalahan untuk memadamkan api. Selain karena keterbatasan alat, saat ini juga sulit untuk mendapatkan air,” tambahnya.

Menindaklanjuti kondisi ini, Desvan mengatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk meminta bantuan dalam penanganannya.

“Kita belum tahu ini bantuannya seperti apa. Apakah dengan helikopter water bombing atau yang lainnya. Karena kita sudah tidak mampu lagi, yang kita lakukan hanya untuk menyelamatkan rumah dan kebun warga,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03