8 May 2024 - 08:26 8:26

Lima Manfaat Makan Kaktus Bagi Kesehatan

WarataPenaNews – Sudah pernahkah tersirat dalam pikiran Anda untuk makan hidangan dari kaktus? Tumbuhan yang biasa jadikan tanaman hias ini ternyata dapat dimakan. Makan kaktus jenis tersendiri, ternyata dapat bawa beberapa faedah buat kesehatan.

Ada beberapa puluh jenis kaktus yang dapat dimakan, diantaranya ialah kaktus nopales atau prickly pear yang benar-benar popular di Amerika Latin dan Meksiko. Walau permukaannya dipenuhi duri tajam, tumbuhan ini dipercaya memiliki faedah buat kesehatan.
Bermacam faedah makan kaktus

Kaktus bisa dimakan mentah atau ditumis bersama bahan pelengkap yang lain. Supaya hidangan berasa lebih lezat, tumbuhan kaktus yang digunakan semestinya masih muda dan empuk.

Tumbuhan ini memiliki struktur yang renyah. Rasa-rasanya tawar dan padat, dengan dikit rasa asam fresh. Tidak cuma nikmat, makan kaktus juga diketahui memiliki berbagai faedah sebagai tersebut:

1. Kaya kandungan nutrisi

Seperti bahan makanan biasanya, kaktus mengandung berbagai nutrisi bermanfaat. Kaktus mentah seberat 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat, dan 14 kalori.

Faedah lainnya dari makan kaktus ialah memberikan badan Anda 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4.6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

Vitamin dan mineral ialah dua nutrisi yang penting untuk jaga keberlangsungan peranan badan.

2. Membuat lancar pencernaan

Makak kaktus ternyata memiliki faedah untuk lancarkan pencernaan.

Kaktus mengandung banyak serat pangan yang penting buat proses pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses jadi padat hingga lebih mudah dikeluarkan dari aliran cerna.

Konsumsi serat yang Anda dapatkan dari makan kaktus merangsang gerak peristaltik (gerakan meremas) pada otot-otot halus di selama usus.

Keadaan ini bisa mengurangi efek masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

3. Menolong mengatur gula darah

Makan kaktus dinilai aman buat pasien diabetes karena bisa menolong mengatur gula darah. Ini di dukung oleh sebuah riset yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Riset itu menemukan jika ekstrak biji kaktus dapat menurunkan gula darah sekaligus juga tingkatkan glikogen pada otot dan hati.

Faedah makan kaktus yang satu ini akan makin baik jika disertai dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

4. Turunkan efek kanker

Satu riset yang dilakukan pada hewan tunjukkan jika kaktus bisa menghalangi perkembangan tumor di badan. Faedah ini berasal dari kandungan antioksidan yang demikian beragam.

Dengan makan kaktus, satu diantara faedah yang Anda terima ialah mendapatkan antioksidan berbentuk pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat.

Semua senyawa antioksidan ini melindungi badan Anda dari radikal bebas yang menyebabkan pembentukan kanker.

5. Menolong menurunkan berat badan

Makan kaktus bawa faedah untuk menurunkan berat badan. Kaktus bisa menurunkan berat badan dengan berbagai cara.

Pertama, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya akan percepat pergerakan metabolisme hingga akan semakin banyak kalori yang dibakar.

Ke-2, kandungan serat pada kaktus bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan menahan makan berlebihan. Ke-3, kaktus bisa menurunkan kolesterol jahat dan menolong proses pembakaran lemak.

Kaktus memang tidak setenar bahan yang lain untuk jadikan olahan makanan. Walau sebenarnya, makan kaktus dapat bawa banyak faedah yang belum diketahui beberapa orang.

Kaktus benar-benar kaya akan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Rasa-rasanya juga cukup lezat jika Anda dapat mengolahnya secara baik. Jadi, tak ada kelirunya menjadikan kaktus sebagai pilihan menu harian. Selamat coba! (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 07:29
Ferry Irawan Ternyata Sudah Punya Pengganti Venna Melinda

WARTAPENANEWS.COM – Ferry Irawan kembali muncul dengan kabar soal asmara. Setelah pernikahannya dengan Venna Melinda kandas dan sempat dijebloskan ke dalam penjara terkait kasus Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kini Ferry

01
|
8 May 2024 - 07:11
Dua Pengamen di Klaten Tewas Usai Duel Maut

WARTAPENANEWS.COM – Dua orang tewas usai terlibat duel di Dusun Kebon Dalem Kidul, Desa Kebondalem, Kecamatan Prambanan, Klaten Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta, pada Selasa 7 Mei 2024

02
|
8 May 2024 - 06:46
Harga Minyak Naik Jadi Rp15.000 per Liter

WARTAPENANEWS.COM – Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan MinyaKita akan naik Rp1.000 dari Rp14.000 per liter ke Rp15.000 per liter. HET minyak goreng kemasan dibanderol Rp14.000 per liter dan

03