27 April 2024 - 04:13 4:13

Listrik di Ibu Kota Amerika Serikat Padam Gegara Pesawat Jatuh

wartapenanews.com – Sebuah pesawat berukuran kecil jenis Mooney M20J, jatuh dan menabrak sebuah menara listrik bertegangan tinggi di Montgomery Village, Maryland, Amerika Serikat, pada Minggu (27/11).

Kecelakaan yang terjadi di wilayah sejauh 48 km dari ibu kota Washington itu mengakibatkan pemadaman listrik massal.

Perusahaan utilitas yang mencakup penyediaan listrik di area Washington, Pepco, melaporkan bahwa dampak kecelakaan ini dirasakan oleh lebih dari 120.000 pelanggan yang tinggal di kawasan tersebut serta mengakibatkan jalanan ditutup dan banyak lampu lalu lintas padam.

Menurut laporan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Montgomery County, pesawat empat penumpang itu jatuh sekitar pukul 17.30 sore waktu setempat dan kondisi cuaca kala itu cenderung berkabut.

Sementara melansir informasi dari Administrasi Penerbangan Federal (Flight Aviation Administration/FAA), pesawat Mooney M20J tersebut dalam perjalanan dari Westchester New York dan seharusnya mendarat di Montgomery Airpark — tak jauh dari lokasi kecelakaan.

Pesawat terjebak dalam jeratan kabel listrik hidup di ketinggian sekitar 30 meter dari tanah. Layanan penyelamatan pun bekerja hingga larut malam untuk menyelamatkan penumpang dalam pesawat yang masih terjerat kabel.

Awalnya, otoritas pemadam kebakaran mengatakan sejumlah dua orang masih hidup tetapi terjebak di dalam pesawat.

Meski begitu, Kepala Pemadam Kebakaran Montgomery County, Scott Goldstein, kemudian menolak untuk mengkonfirmasi jumlah penumpang yang sebenarnya.

Kepada wartawan, Goldstein hanya mengatakan pihaknya telah melakukan kontak dengan dua penumpang pesawat melalui panggilan telepon. Tetapi, ia enggan menggambarkan kondisi terkini mereka.

“Tidak ada cara lain untuk menentukan apakah aman untuk mengakses menara, selama menara belum diturunkan ke tanah, yang berarti kru harus naik ke kabel itu sendiri untuk meletakkan klem dan kabel ke kabel untuk memastikan tidak ada listrik statis atau sisa daya,” jelas Goldstein, seperti dikutip dari Reuters.

Goldstein mengatakan pesawat juga perlu diamankan ke menara listrik sebelum penumpangnya dapat dipindahkan.

“Kendaraan derek yang luar biasa besar disediakan oleh perusahaan lokal ada di tempat kejadian [untuk membantu proses penurunan menara listrik dengan aman],” tutup dia.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03