17 June 2024 - 01:10 1:10

Malaysia Tolak Cabut Hukuman Mati

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah Malaysia menolak mencabut hukuman mati, dengan mengatakan bahwa sementara pemerintah akan menghapuskan hukuman mati wajib, itu akan membuat pengadilan memutuskan, jika seseorang yang dihukum karena kejahatan serius akan digantung.

Wakil Menteri di Departemen Perdana Menteri Mohamed Hanipa Maidin mengatakan, hukuman mati wajib untuk 11 pelanggaran pidana akan dicabut. Pelanggaran ini termasuk melakukan tindakan terorisme, pembunuhan dan penyanderaan.

“Kami telah membuat keputusan. Pemerintah hanya akan mencabut hukuman mati wajib. Kami akan membuat amandemen. Ini sesuai dengan janji ke-27 dalam manifesto (pemilihan) Pakatan Harapan,” kata Hanipa.

Untuk pertanyaan tambahan tentang apakah ada rencana membentuk komite pemilihan parlemen, guna membahas pencabutan hukuman mati sebelum mengajukan RUU amandemen, Mohamed Hanipa mengatakan. ia akan meneruskan saran tersebut kepada pemerintah.

Menteri yang bertanggung jawab atas hukum, Liew Vui Keong, mengatakan Oktober lalu bahwa Kabinet telah memutuskan untuk mencabut hukuman mati.

“Semua hukuman mati akan dihapuskan. Berhenti total,” ujarnya.

Menanggapi keputusan tersebut, pengacara sebuah organisasi pengacara hak asasi manusia di Malaysia, mengecam turn-up pemerintah untuk membatalkan hukuman mati.

“Kebalikan dari keputusan sebelumnya mengejutkan, tidak berprinsip dan memalukan. Ini lebih dari itu karena keputusan untuk penghapusan total telah membuat berita internasional dan dipuji di seluruh wilayah dan dunia,” kata Pengacara untuk Liberty dalam siaran pers.

“Lebih serius lagi, pengumuman penghapusan total pada Oktober 2018 telah memberi harapan dan bantuan kepada ribuan terpidana atau terdakwa dan keluarga mereka. Mengulurkan harapan agar tidak dilepaskan dari tiang gantungan, hanya agar harapan dicabut lagi adalah hal yang sangat kejam dan tidak adil,” tambahnya.

Kelompok itu juga meminta, pemerintah untuk mempertahankan moratorium eksekusi saat ini, sambil menunggu penghapusan total hukuman mati. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
15 June 2024 - 13:16
Libur Iduladha, Penumpang Kereta di Yogyakarta Meningkat

WARTAPENANEWS.COM – Jelang Idul Adha 2024, penjualan tiket kereta api jarak jauh keberangkatan awal stasiun di Daop 6 mengalami peningkatan. Total ada 88.401 tiket yang terjual untuk tanggal 13 Juni

01
|
15 June 2024 - 12:37
Sepanjang 2024, 1.008 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Bantul

WARTAPENANEWS.COM – Polres Bantul mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2024 ini ada 1.008 kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bantul. Dari jumlah itu, 1.258 orang luka ringan dan 71 orang meninggal

02
|
15 June 2024 - 12:14
Jalanan di Jakarta Lengang saat Libur Panjang Idul Adha

WARTAPENANEWS.COM – Long weekend Hari Raya Idul Adha membuat sejumlah ruas jalan di Jakarta tampak lengang dari padatnya kendaraan. Idul Adha akan dirayakan pada Senin (17/6) mendatang. Libur panjang digunakan

03