29 March 2024 - 13:51 13:51

Maraknya Baliho dan Bendera Parpol Bertebaran di Jalanan

wartapenanews.com –  Bendera partai politik (parpol) kerap bertebaran di ruang publik atau tempat umum meski saat ini belum memasuki masa kampanye pemilu.

Meski begitu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tak berdaya mengatasi bendera partai politik (parpol) yang kerap bertebaran di ruang publik. Padahal, saat ini belum memasuki masa kampanye pemilu.

“Kita juga tidak bisa melarang bendera partai, karena sudah dari dulu ada,” kata Ketua Umum Bawaslu, Rahmat Bagja dalam diskusi di Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (17/2/2023).

Bagja menjelaskan, langkah yang tidak boleh dilakukan partai politik sebelum masa kampanye yaitu menggunakan alat peraga bukan di internal partai. Hal ini seperti adanya logo dan nomor parpol. Contoh lainnya yaitu foto sampai ajakan untuk memilih calon dari parpol tertentu.

“Baliho silakan, tapi tidak boleh mengajak, nomor urut doang kan boleh. Logo partai ya boleh, kalau semua keempat ini digabungkan baru tidak boleh,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU RI berpandangan lain dengan menilai bendera dengan logo partai yang dipasang tidak dalam kawasan internal partai merupakan tindakan pelanggaran kampanye di luar jadwal.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, bendera parpol hanya boleh dipasang di internal partai selama belum memasuki masa kampanye Pemilu 2024.. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03