20 May 2024 - 10:09 10:09

Masyarakat dan Gardu Ganjar Berselawat Hingga Rawat Budaya

IPOL.ID – Sukarelawan Gerakan Rakyat Desa untuk (Gardu) Ganjar mengadakan gebyar selawat bertajuk ‘Lebak Berselawat’ di Gedung As-Sakinah, Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten.

Kegiatan bertema ‘Membumi, Menjuara ke Angkasa, Juara Atas Rahmat Allah yang Maha Esa’ tersebut dihadiri Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Sejarawan Bonnie Triyana, Habib Ja’far Al Kaff, hingga Ulama-Kyai masyhur dan ribuan warga Lebak, Sabtu (15/7) malam.

“Lebak Berselawat itu adalah salah satu budaya Islami yang sudah terbangun sejak dulu. Hari ini kami mengingatkan lagi ingatan-ingatan itu,” terang Dewan Penasehat Gardu Ganjar, Abah Elang Mangkubumi di Gedung As-Sakinah, Jalan Soekarno-Hatta, Lebak, Sabtu malam.

Abah Elang mengatakan, Gardu Ganjar berupaya memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui selawat yang dilantunkan bersama-sama. Dengan selawat, masyarakat dapat melangitkan doa-doa dan harapannya.

“Akhirnya bisa melepaskan beban apapun itu, berdoa bersama, bermunajat kepada Allah agar mendapatkan rahmat dan keselamatan,” harapnya.

Di sisi lain, Abah Elang menyebut kebudayaan Islami seperti gebyar selawat itu pun harus dijaga dan dirawat masyarakat guna memperkuat bangsa dan mewujudkan Indonesia Tangguh.

Ganjar, sambung Abah, melalui banyak pidatonya kerap mengingatkan masyarakat tentang kepribadian dalam kebudayaan. Sehingga tagline ‘Ganjar Untuk Semua’ dapat diartikan juga sebagai persatuan Indonesia melalui budaya-budaya bangsa.

“Kebetulan pesan dari Pak Ganjar adalah lebih memperkuat NKRI agar tetap berdaulat, salah satunya dengan menjaga budaya. Entah itu budaya agama, ataupun budaya lokal nusantara,” ungkapnya.

Dalam acara Lebak Berselawat, ribuan masyarakat Lebak sangat khidmat berselawat. Dipimpin Habib Jaffar dan Abah Elang, semua masyarakat antusias melantunkan selawat bersama.

Sementara, Koordinator Gardu Ganjar Wilayah Banten, Ahmad Wahyudin Nasyar mengatakan, Lebak Berselawat juga merupakan penghubung silaturahmi kepada kyai, ulama hingga ustadz. Hal itu merupakan komitmen Gardu Ganjar dalam merangkul para alim ulama.

Ahmad menambahkan, pihaknya juga berkomitmen untuk merangkul semua elemen masyarakat dalam kegiatan-kegiatan ke depan. Sehingga ada manfaat dapat dirasakan masyarakat.

“Tentunya kami, Gardu Ganjar, akan mengadakan kegiatan, dan semua aspek masyarakat akan dirangkul. Baik itu pemuda, tokoh agama, masyarakat, jawara, seniman, semua elemen masyarakat akan kami rangkul,” ucapnya. (Joesvicar Iqbal/msb)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
20 May 2024 - 09:12
31 Mei 2024, HET Beras Bakal Naik Permanen

WARTAPENANEWS.COM –  Pemerintah bakal menaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) komoditas beras secara permanen melalui regulasi baru. Aturan HET tersebut pun masih digodok otoritas. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo

01
|
20 May 2024 - 08:31
Ternate Malut Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 Magnitudo

WARTAPENANEWS.COM –  Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,2 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, pada Senin (20/5/2024), sekira pukul 06.39 WIB. Berdasarkan informasi dari akun X/Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),

02
|
20 May 2024 - 08:10
Hari Ini, Jemaah Haji RI Mulai Bergerak ke Makkah

WARTAPENANEWS.COM – Jemaah haji Indonesia yang berada di Madinah akan mulai diberangkatkan ke Makkah secara bertahap hari ini, Senin (20/5/2024). Mereka akan bersiap untuk melaksanakan puncak haji di Arafah Muzdalifah

03