25 April 2024 - 21:56 21:56

Maybank Indonesia Shariah Thought Leaders Forum 2020

WartaPenaNews, Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (“Maybank Indonesia”) melalui Unit Usaha Syariah menyelenggarakan forum webinar “Maybank Indonesia Shariah Thought Leaders Forum 2020” dengan mengangkat topik “From Niche to Mainstream” hari ini.

Forum diselenggarakan secara live streaming melalui webinar dan dapat diakses oleh masyarakat luas melalui situs Maybank Indonesia. Pembicara yang hadir dalam forum mewakili regulator, pimpinan bank dan bisnis serta praktisi internasional di bidang keuangan Syariah, yaitu Teguh Supangkat, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku Keynote Speaker dan para Panelis, Ventje Rahardjo, Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS), Deden Firman Hendarsyah, Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, Taswin Zakaria, Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk., Daud Vicary Abdullah, Managing Director, DVA Consulting & Partner, Gateway Global LLP, Joann Maryam Enriquez, CEO, Investment Account Platform, Soetrisno Bachir, praktisi bisnis dan dimoderasi oleh Adiwarman Karim, Founding Partner, Karim Consulting Indonesia. Forum juga dihadiri oleh peserta berlatar belakang pelaku usaha, nasabah, media dan masyarakat umum pemerhati keuangan Syariah.

Maybank Indonesia Shariah Thought Leaders Forum 2020 digelar sebagai forum diskusi dimana para pakar keuangan Syariah, praktisi perbankan, pelaku bisnis serta regulator dapat berbagi pengalaman serta best practices untuk membangun model bisnis perbankan Syariah yang tepat dalam rangka mengembangkan pangsa pasar perbankan Syariah di tanah air dengan tetap mematuhi kaedah prinsip Syariah. Forum webinar ini juga membahas kesiapan industri Syariah menghadapi era New Normal dan juga Era Normal setelah wabah Covid-19 berakhir.

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan penduduk Muslim terbesar yang sudah cukup mengenal sistem ekonomi dan keuangan berbasis Syariah. Pangsa pasar keuangan Syariah masih berada pada tingkat 8 % pada 2019 dan Pemerintah Republik Indonesia memproyeksikan pangsa pasar keuangan Syariah untuk meningkat menjadi 20% pada 2023-2024 mendatang. Target tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku industri perbankan Syariah, terlebih sejak awal tahun, bisnis Syariah juga menghadapi tantangan nyata dengan pandemi Covid-19, yang juga berdampak besar pada ekonomi dan aktivitas bisnis Syariah di Indonesia.

Namun di tengah kondisi yang penuh tantangan, berbagai inovasi dan solusi berbasis teknologi digital hadir dan telah mempercepat proses adaptasi masyarakat dalam penggunaan teknologi tersebut. Hal ini mampu menggerakkan kembali perputaran ekonomi pada sektor ritel, termasuk food & beverage, melalui e-commerce serta sektor perbankan untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial melalui pemanfaatan teknologi tersebut.

Sejalan dengan tema diskusi yang berfokus pada upaya menjadikan perbankan Syariah mainstream, Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Maybank Syariah sejak 2014 telah menjalankan strategi Shariah First, yaitu inisitiatif yang mengutamakan solusi keuangan berbasis Syariah untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. Inisiatif ini telah memberi kontribusi 20% terhadap aset Maybank Indonesia dan membawa Maybank Indonesia menjadi salah satu bank yang melakukan pembiayaan Syariah pada sejumlah proyek strategis termasuk di bidang infrastruktur, pertambangan, transportasi udara dan pengelolaan bandara.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan “Potensi pengembangan perbankan Syariah di Indonesia sangat menjanjikan, dan dalam kondisi pasar yang melemah akibat pandemi global, perbankan Syariah masih tetap dapat memberikan kontribusi dalam perekonomian nasional.”

Taswin melanjutkan “Untuk dapat merealisasikan kontribusi dan perannya, perbankan Syariah membutuhkan dukungan infrastruktur yang memadai seperti diantaranya regulasi, kesiapan teknologi, investasi sumber daya guna melakukan penetrasi pasar dan penyediaan solusi keuangan berbasis Syariah yang menjawab kebutuhan masyarakat dan tantangan bisnis saat ini.”

Melalui digelarnya webinar Maybank Indonesia Shariah Thought Leaders Forum 2020 diharapkan memberikan kontribusi positif dan relevan bagi kemajuan industri perbankan Syariah di tanah air dalam menjawab sejumlah tantangan dan meraih peluang bisnis Syariah ke depan. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03