21 April 2024 - 21:00 21:00

MeeberPro, Revolusi Aplikasi Bagi Bisnis Restoran Diera Digital

MeeberPro, Revolusi Aplikasi Bagi Bisnis Restoran Diera Digital

Jakarta, WartaPenaNews – Kehadiran aplikasi MeeberPro dipercaya akan merevolusi bisnis F&B (makanan dan minuman) di Indonesia. Model bisnis yang baru dan kekinian ini diklaim bisa mengembangkan bisnis restoran atau kuliner secara digital. Kehadiran MeeberPro juga makin membuka peluang bagi siapapun untuk terjun ke bisnis F&B hingga memberikan konstribusi terhadap ekonomi kreatif tanah air.

Meeber menghadirkan solusi yang menawarkan pengalaman dan kemudahan bertransaksi, baik bagi pengusaha maupun kepada pengunjung melalui konsep Offline By Online (OBO), Offline To Online (O2O) dan Marketing 4.0.

“Ke depan bisnis F&B di Indonesia bukan hanya unggul dalam segi produk dan rasa, namun juga sistem digitalisasi manajemen,” kata Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia, Rudy Hartawan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kehadiran MeeberPro, pesanan dan pembayaran dari aplikasi Meeberian terintegrasi dengan aplikasi Point of Sales (POS), sehingga pesanan dapat langsung diteruskan ke bagian pembuatan (kitchen) bahkan memotong stok penjualan secara langsung.

Untuk mengetahui lebih jauh model bisnis yang ditawarkan oleh Meeber, Irman Robiawan dari wartapenanews.com mewawancarai CEO Meeber Indonesia, Rudy Hartawan di sela acara peluncuran aplikasi MeeberPro di Jakarta, Kamis (5/3/2020) pekan lalu.

Berikut petikan wawancaranya;

Ada berapa jenis portofolio bisnis Meeber yang sudah diluncurkan ke publik?
Sejauh ini sudah ada 4 produk yang sudah dilaunch, yakni MeeberPro, Meeberlite, MeeberPOS, dan Meeberian. Hari ini kita memperkenalkan MeeberPro, aplikasi kasir online yang komprehensif untuk mendukung kemajuan bisnis F&B di era Industry 4.0.  Ini merupakan inovasi pertama di Indonesia guna melengkapi solusi produk sebelumnya.

Sudah berapa banyak merchant yang sudah bergabung di aplikasi ini?
Sudah lebih dari 10 ribu merchant yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali dan Malang. Meeber terus berinovasi sesuai kebutuhan pasar sebagai bukti nyata komitmen perusahaan dalam mewujudkan ekosistem bisnis F&B berbasis digital.

Rudy Haryawan

Target bisnis ke depan?
Target kita tahun ini bisa mencapai 28 ribu merchant., sehingga di tahun 2025 bisa mencapai 200 ribu. Kami yakin target ini akan tercapai. Ke depan tren bisnis digital akan semakin berkembang. Dari sisi cashless atau e-wallet, Indonesia adalah negara kedua terbesar penggunaannya setelah China. Atas dasar itulah kita berkeyakinan bisa mencapai target tersebut.

Bagaimana awal solusi ini bisa tercipta?
Kemajuan teknologi digital telah membuat saya terobsesi memberikan pelayanan optimal kepada customers. Kemudian saya mulai berpikir, bagaimana cara menciptakan pelanggan yang loyal. Saya melihat, selama ini solusi yang tersedia tak bisa bersaing dibisnis online yang engagement-nya luar biasa.  Saya mulai berpikir bagaimana menciptakan sebuah solusi bagi customers yang datang ke suatu merchant, transaksinya dilakukan secara online, hingga membuat engagement-nya tak kalah dengan bisnis online lainnya.

Lalu apa manfaat aplikasi ini bagi masyarakat, dan kelebihan dari aplikasi sejenis lainnya?
Manfaatnya untuk meningkatkan penjualan. Karena aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

Bagaimana respons masyarakat atas solusi yang Anda tawarkan?
Mereka merasa dimudahkan dengan kehadiran aplikasi ini. Ini merupakan pengalaman baru bagi mereka. Di samping itu kita terus melakukan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, terutama bagi para pemakainya. Kita berharap nantinya masyarakat akan paham dengan munculnya restoran tanpa awak dan tanpa kasir.

Bagaimana dengan peluang pasar bisnis ini?
Tantangannya adalah bagaimana mengembangkan bisnis F&B. Tak menutup kemungkinan akan merambah bisnis lainnya, seperti vending machine dengan beberapa opsi pembayaran.

Sampai saat ini ada berapa jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan Anda?Ada 140 orang. Kebanyakan dari mereka bertugas memberikan edukasi dan pemahaman kepada para merchant soal bagaimana menggunakan aplikasi ini. Setiap 100 merchant akan ada satu orang karyawan bertindak sebagai konsultan. Jadi kita berikan semacam pelatihan.

Lalu apa benefit yang bisa kita dapatkan dari penggunaan produk dari Meeber? Pertama, pengguna bisa menghemat cost pengeluaran. Kedua, aplikasi ini menawarkan pengalaman yang unik kepada pemakainya.  Terakhir, bisa menciptakan customers yang loyal. Jika kita memakai aplikasi lain, mustahil semua ini bisa diwujudkan.

Apa ada kualifikasi khusus bagi merchant yang akan menggunakan solusi ini?
Awalnya kita menyasar enterprise kalangan menengah dan atas, serta pelaku usaha yang melek teknologi. Ke depan kita juga sedang mengembangkan solusi bagi UKM terkait produk, pemasaran, dan manajemen.

Bagaimana gaya kepemimpinan Anda dalam membentuk tim yang solid bagi pengembangan bisnis ke depan?
Kita punya culture berbeda dengan bisnis lainnya. Kita memastikan para karyawan memiliki visi misi bisnis yang sama. Memiliki kepercayaan dan empati terhadap pelanggan. Mereka juga harus tumbuh bersama perusahaan.

CEO Meeber Indonesia, Rudy Hartawan (kanan) saat acara peluncuran aplikasi MeeberPro di Jakarta, Kamis (5/3/2020) pekan lalu.

Apa arti karyawan bagi kesuksesan Anda?
Karyawan bukan hanya aset, tapi sudah menjadi satu kesatuan bagi perushaan. Kita membutuhkan 50% loyalitas. Bisnis ini punya tantangan dan peluang yang cukup luas. Dinamika persoalan yang dihadapi juga cukup komplek.

Apa filosofi Anda dalam meniti karir dan kehidupan?
Saya berkeyakinan kesuksesan itu berasal dari karakter. Jika karakter kita baik dan pantang menyerah, sukses akan bisa kita raih. Kita juga harus terus belajar untuk memperkaya diri. Saya punya keyakinan bisa mencapai sesuatu, meski itu mustahil untuk dicapai. Untuk mencapai itu, saya selalu melihat kemampuan diri sendiri.

Apa mimpi Anda yang akan diwujudkan dalam menjalani bisnis ini?
Saya ingin menciptakan restoran digital di atas standar yang sudah ada, dan mampu bersaing secara global.

Apakah aplikasi ini sudah pernah diterapkan di sejumlah negara?
Jika dibandingkan dengan china, kita masih kalah. China merupakan negara yang terbilang sudah cukup maju dalam menerapkan solusi ini. Di sana sistem ini sudah diterapkan 3-4 tahun yang lalu.

Siapa tokoh yang menginspirasi perjalanan bisnis dan hidup Anda?
Ibu. Dia banyak memberikan inspirasi bagi kemajuan bisnis. Atas kerja kerasnya seorang diri, ibu berhasil membesarkan kelima anak-anaknya hingga melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Bagaimana Anda menyeimbangkan antara karir dan kehidupan sebagai kepala keluarga?
Saya selalu meminta waktu kepada istri agar diberikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis. Saya bersyukur punya istri yang piawai dalam membesarkan anak-anak. (*)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03