19 May 2024 - 23:51 23:51

Mendagri Sambut Baik Gagasan Pemikiran Guru Besar Prof Cornelis Lay

WartaPenaNews, Yogyakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambut baik gagasan pemiliran Guru Besar Prof. Dr. Cornelis Lay, M.A. Menurut Tjahjo, menyatukan sebuah kepentingan di dalam tata kelola pemerintahan menjadi sebuah hal yang menarik yang disampaikan Prof. Cornelis.

“Saya kira alternatif ketiga yang disampaikan mas Komi (Prof. Cornelis) cukup menarik ya, bagi saya bagaimana mengagregasikan dan mengartikulasikan sebuah kepentingan yang seharusnya di dalam tata kelola pemerintahan menyatu” ucap Tjahjo usai menghadiri acara Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Cornelis Lay, M.A di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (6/2/2019).

Bagi Tjahjo, birokrasi kekuasaan tanpa sentuhan intelektual akan berkurang maknanya. Hal ini juga termasuk keberhasilan sebuah birokrasi tanpa sentuhan media massa. Keberhasilan birokrasi kekuasaan niscaya tidak akan bisa dirasakan oleh masyarakat tanpa peran intelektual dan pers selaku pilar keempat dalam demokrasi. Dia juga mencontohkan bagaimana konsolidasi pemerintah, penyelenggara dan masyarakat pada pelaksaaan Pemilu Serentak 2019.

“Sekarang saja dalam konteks konsolidasi demokrasi kita lewat Pilkada Serentak lewat Pemilu semua tingkatan pastikan semua tahap konsolidasi menyatukan segenap potensi bangsa ini untuk mewujudkan sebuah sistem pemerintah presidensil yang lebih efektif lebih efisien, mempercepat reformasi birokrasi, memperkuat otonomi daerah, harus ada campur tangan baik diminta araupun oleh kelompok intelektual oleh tokoh masyarakat oleh tokoh agama oleh teman-teman pers yang harus secara objektif dan kritis” pungkasnya.

Di akhir, Mendagri juga mengajak masyarakat untuk membangun sebuah pola pikir yang lebih konferehensif integral dengan berbagai dimensi yang ada untuk memberikan pencerahan kepada bangsa dan negara. (sol/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03