27 February 2024 - 15:12 15:12

Mendagri Tidak Pernah Buat Larangan Rapat di Hotel

WartaPenaNews, Jakarta – Menindaklanjuti kabar yang dilakukan Mendagri terkait larangan rapat di hotel, pihak Kemendagri menyampaikan bahwa hingga saat ini Mendagri Tjahjo Kumolo atau pejabat lain di lingkungan Kemendagri tidak pernah membuat larangan melakukan rapat bagi para aparatur negara di hotel-hotel.

Bahkan menurut pihak Kemendagri, karena melibatkan banyak peserta dan keterbatasan ruang rapat yang besar membuat sebagian besar rapat yang dilakukan Kemendagri dilakukan di hotel-hotel di Jakarta maupun di daerah-daerah.

Salah satunya seperti kegiatan Rakornas Bidang Kehumasan dan Hukum yang dilakukan di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/2/2019) dan Rakor Kesbangpol yang dilakukan di Hotel Clarion, Makassar, Selasa (12/2/2019).

Jadi bisa disimpulkan jika informasi yang menyatakan Mendagri hendak atau ingin melakukan larangan rapat-rapat di hotel adalah informasi yang menyesatkan, dan pihak yang menyebarkan informasi tersebut tidak pernah mengkonfirmasi kebenarannya kepada Kemendagri.

Secara kelembagaan, Kemendagri sangat dirugikan dengan informasi tersebut karena sangat menyesatkan dan tanpa konfirmasi.

Menurut pihak Kemendagri, Mendagri Tjahjo Kumolo hanya memberikan arahan kepada staf internal agar susunan SOP khusus terkait pelayanan konsultasi evaluasi APBD sebagai respon atas kasus Hotel Borobudur beberapa waktu lalu.

Bagi aparat pemda yang datang ke Jakarta dengan tujuan ingin berkonsultasi ke Kemendagri dipersilahkan menginap di hotel-hotel, tetapi untuk pelayanan konsultasi, khususnya konsultasi evaluasi APBD disarankan agar tetap dilaksanakan di kantor. Itu karena persoalan evaluasi APBD adalah hal sensitif dan dalam pengawasan KPK.

Arahan untuk penyusunan SOP ini semata-mata untuk mencegah staf Kemendagri terhindar dari hal-hal yang dapat bermasalah dalam hukum. Jadi sama sekali tak ada kaitannya dengan larangan rapat-rapat di Hotel. (*/sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03