25 April 2024 - 19:42 19:42

Menko PMK Apresiasi Pagelaran Budaya 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Kamboja

WartaPenaNews, Jakarta – Mengawali hari pertama Kunjungan Kerjanya di Phnom Penh, Kamboja. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, diundang menjadi tamu kehormatan oleh Pemerintah Kerajaan Kamboja khususnya Raja Norodom Sihamoni untuk mewakili Pemerintah Indonesia pada perhelatan akbar Pagelaran Budaya 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Kamboja yang digelar di Gedung Chaktomuk Theatre, Phnom Penh.

Pada kesempatan tersebut, Menko Puan menyampaikan apresiasi dan mendukung sepenuhnya hubungan Indonesia-Kamboja yang telah terbina selama 60 tahun, selain itu hubungan diplomatik ini merupakan bagian dari nation branding citra kedua Negara dengan menampilkan musisi maupun artis terkenal dari kedua Negara untuk turut berpartisipasi dalam pagelaran ini dan membawa masyarakat Indonesia-Kamboja menjadi lebih dekat serta berharap kedepannya hubungan kedua Negara ini dapat terus berkembang dalam suasana persahabatan, saling percaya, dan saling menghormati, terutama pada masa King Father Norodom Sihanouk hingga saat ini.

Di kesempatan ini, Menko Puan juga memberikan ucapan selamat atas pengembangan Taman Arkeologi Angkor sebagai warisan dunia dan tujuan wisata terkemuka serta mengapresiasi pengakuan Bantuan Teknis Indonesia untuk Safe Guarding Angkor (ITASA) melalui pendirian suatu museum/hall di Kompleks Angkor.

Lebih lanjutnya, selama ini dukungan kerjasama telah terjalin dengan Pemerintah Kamboja diantaranya di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pertahanan dan civil aviation, serta secara khusus bantuan yang diberikan pada saat musibah bencana gempa dan tsunami di Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah dan Banten-Lampung.

Tujuan keikutsertaan Indonesia pada acara ini adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam, toleran, penuh nilai keluhuran sosial budaya dan modern kepada masyarakat Kamboja dan sebaliknya. “Pemerintah Indonesia memandang penting dan strategis akan arti pelaksanaan acara hari ini, dan untuk itu kami mengharapkan agar pada kunjungan saya ini kita dapat lebih mendorong upaya implementasi nyata dan bermanfaat atas MoU Kerja Sama Kebudayaan dan MoU on Sister Temple Province yang telah kita miliki” tutup Menko Puan, Rabu (13/2).

Acara Pagelaran Budaya 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Kamboja ini dimeriahkan dengan pertunjukan budaya angklung-kolintang dari Pusbudi Nusantara dan juga Gending Sriwijaya dari Kinarya GSP. Pagelaran Budaya 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Kamboja turut dihadiri oleh Raja Kamboja, Paduka Preah Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamoni; Deputi Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Kerajaan Kamboja, Prak Sokhon; Ketua Senat Kerajaan Kamboja, Samdech Say Chhum; Kebudayaan dan Sen Rupa Kerajaan Kamboja, Phoeurng Sackona; Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng; Guruh Soekarnoputra; dan beberapa perwakilan lainnya. (*/sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03