26 April 2024 - 19:33 19:33

Menjanjikan di Masa Depan, Ini 5 Pekerjaan yang Paling Dicari

wartapenanews.com – Kemajuan teknologi dan keadaan yang banyak berubah akibat COVID-19 memberi dampak yang signifikan bagi berbagai sektor, tak terkecuali di dunia pekerjaan.

Pergeseran tren membuat banyak jenis pekerjaan yang tergantikan, di sisi lain banyak juga pekerjaan baru yang dibutuhkan.

Hal ini didukung laporan dari World Economic Forum berjudul “Future of Jobs Report 2020”, yang menyebutkan bahwa diprediksi 85 juta jenis pekerjaan akan tergantikan pada 2025. Sementara itu,

97 juta pekerjaan baru juga akan muncul untuk mengimbangi kebutuhan di masa depan.
Di antara jutaan pekerjaan baru tersebut, ada 5 sektor yang diprediksi memiliki prospek paling menjanjikan dan paling dicari perusahaan. Berikut ulasannya!

1. Data Analyst and Scientist
Seorang data analyst bertugas melakukan analisis dan riset data untuk kepentingan pengembangan perusahaan. Dari data tersebut, seorang data analyst akan melakukan pengolahan data untuk kemudian diambil kesimpulan, sehingga akan mempermudah perusahaan melakukan riset secara lebih akurat dan efisien.

Sedangkan data scientist bertugas mengolah data untuk mendapatkan informasi berupa insight yang berguna bagi perusahaan. Sederhananya, data analyst memiliki tanggung jawab untuk memecahkan masalah dengan data, sedangkan data scientist bertugas “memprediksi” masa depan dengan data tersebut.

2. AI and Machine Learning Specialists
AI (Artificial Intelligence) merupakan sistem komputer yang dirancang untuk meniru cara berpikir manusia. Di sini, AI specialist bertugas melakukan pemrograman komputer untuk pengecekan hipotesis dan membangun cara berpikir dari produk atau solusi berbasis AI pada suatu sistem perusahaan.

Sebagai contoh, AI Specialist mengembangkan sebuah sistem keamanan berbasis AI berupa face recognition untuk membantu mengetahui identitas seseorang.

3. Big Data Specialists
Big Data adalah istilah untuk data dengan volume yang besar, kompleks, dan terus bertambah setiap waktu. Sesuai namanya, Big Data specialist bertugas mengumpulkan data, merapikan, dan menganalisisnya.

Informasi yang didapatkan dari pengolahan data inilah yang kemudian dipakai untuk kemajuan aktivitas institusi, organisasi maupun perusahaan. Bisa dibilang, Big Data specialist memiliki peran penting membantu perusahaan di era teknologi yang semakin canggih.

4. Digital Marketing and Strategy Specialists
Di era 4.0, internet memiliki peran besar dalam kesuksesan pemasaran sebuah perusahaan. Digital marketing dan strategy specialists bertanggung jawab membuat strategi kampanye pemasaran atau brand awareness di seluruh saluran digital perusahaan.

Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen, tentunya mereka harus bisa memanfaatkan teknologi digital secara optimal agar bisa menjangkau konsumen lebih maksimal.

5. Process Automation Specialists
Teknologi Process Automation berguna untuk mengefisiensi operasi perusahaan demi mengurangi biaya. Seorang spesialis di bidang ini sangat dibutuhkan untuk merancang dan mengembangkan software yang dapat meninjau, memperbaiki, hingga mengintegrasikan setiap proses bisnis dengan maksimal. Process Automation specialists juga fokus melakukan penelitian untuk menentukan kelemahan dan kekuatan sistem yang ada.

Berdasarkan beberapa pekerjaan di atas, penggunaan teknologi digital mesin akan digunakan secara lebih luas di masa depan. Dampaknya, masih dari laporan World Economic Forum, diprediksi sekitar 15 persen tenaga kerja perusahaan berisiko mengalami gangguan akibat efisiensi ini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03