29 Januari 2023 - 05:42 5:42
728x90

Menko PMK: Dies Natalis FMIPA-UI Ke-58 Momentum Baik Memperkuat SDM Indonesia

WartaPenaNews, Depok – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, membangun Indonesia ke depan membutuhkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, ke depan tantangan yang dihadapi oleh setiap bangsa-bangsa adalah persaingan global yang berbasiskan pada kemajuan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Indonesia terus melakukan percepatan kesiapan SDM, yang dapat menjadi penggerak ekonomi, industri, serta birokrasi yang berdaya saing dan modern,” kata Puan saat menyampaikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis ke-58 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (16/1/2019).

Menko PMK juga menyampaikan bahwa saat ini, sarjana di Indonesia baru berkontribusi 11% (atau 13 juta orang) dari 121 juta penduduk yang bekerja. Lebih dari 65%, adalah lulusan pendidikan menengah ke bawah.

Untuk memperkuat profil angkatan kerja Indonesia, menurut Menko PMK, Pemerintah saat ini telah melakukan beberapa Agenda Strategis antara lain, memperluas penerima Bidikmisi yang mencapai 471,8 ribu mahasiswa pada tahun ini. Revitalisasi vokasional, penguatan Riset Nasional dengan mengalokasikan sebesar Rp1 triliun dan pengembangan manfaat dana LPDP untuk training-training.

“Apa yang ada di FMIPA-UI sangat dibutuhkan pemerintah, sebab, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan basis dalam mengembangkan riset dan inovasi teknologi. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, menjadi fondasi dan sangat penting dalam mengembangkan bidang komputasi, elektronika, kedokteran, iklim dan lingkungan, rekayasa infrastruktur, eksplorasi sumber daya alam, pengembangan teknologi ruang angkasa hingga perilaku manusia,” ungkap Menko PMK.

FMIPA UI, lanjut Menko PMK, juga telah menghasilkan berbagai temuan dan produk teknologi untuk mendukung pembangunan nasional. Contohnya adalah Sistem Informasi Geografis dalam bidang kebumian, teknologi pencarian cadangan migas, nano teknologi, genome study, biodiversity dan aktuaria, dan lain-lain. Selain itu, temuan FMIPA UI juga sudah diaplikasikan dalam bidang kedokteran seperti di RSCM.

Menurut Menko PMK, FMIPA UI memiliki peran dan tanggung jawab yang strategis dalam ikut mempercepat ketersediaan SDM Indonesia yang modern dan berdaya saing. Untuk itu, FMIPA UI perlu mengembangkan berbagai program studi yang diperlukan dalam menyiapkan SDM-SDM Indonesia berpartisipasi dalam pembangunan nasional dan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

“FMIPA UI, sebagai masyarakat ilmiah, perlu terus memperkuat budaya riset dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa. FMIPA diharapkan dapat terus menghasilkan riset dan inovasi yang akan memperkuat industri nasional sehingga semakin berdikari,” kata Menko PMK.

Dalam orasinya, Menko PMK juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang akan menentukan kemajuan Indonesia kedepan. Dalam menghadapi tantangan kedepan, para mahasiswa semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengolah peluang dan potensi yang ada.

“Para mahasiswa manfaatkanlah masa belajar selama di FMIPA UI untuk membekali diri dengan kemampuan dan keandalan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menjadi lulusan yang kreatif dan produktif,” pesan Menko PMK.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK didaulat meresmikan penggunaan peralatan/fasilitas laboratorium FMIPA-UI ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan peninjauan peralatan di lantai 8 laboratorium dan melihat Science Expo 2019 di pelataran parkir FMIPA. (sol/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03