7 May 2024 - 21:23 21:23

Mentan SYL: Ditjen PSP Punya Peran Strategis Majukan Pertanian Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta  – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) minta Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memetakan seluruh prasarana yang ada di lapangan berbasiskan Komando Strategis Pengembangan Pertanian (Kostra Tani). Dengan kostra tani, semua kebutuhan alat mesin pertanian (Alsintan), diupayakan dapat diprediksi dan mampu dihitung secara baik.

“Ke depan tidak ada lagi prasarana dan sarana pertanian yang digulirkan tidak berbasis Kostra Tani. Termasuk kerja pertanian dan kinerja dari alsin atau sarana lain,” ujar Mentan SYL saat mengunjungi kantor Ditjen PSP, Selasa (26/11).

Mentan SYL juga berharap Dirjen PSP terus memperbaiki datanya untuk mencapai target yang terukur. Perbaikan itu di antaranya dengan melengkapi data asuransi dan tata kelola asuransi.

“Basis perbaikan juga harus dari kostra tani yang sudah terintegrasikan dengan sistem yang ada. Kemudian arahkan sasaran target kepada Kredit Usaha Rakyat (KUR),” kata Mentan SYL.

Mentan SYL menambahkan, Ditjen PSP secara garis besar memiliki posisi penting dan peranan yang strategis untuk memajukan usaha pertanian Indonesia. Melalui Ditjen PSP kemandirian pertanian harus dilengkapi dengan kemajuan teknologi yang dikontrol langsung oleh SDM unggul dan terampil serta mampu mengikuti tuntutan zaman.

“Mandiri itu menjadi sangat penting karena kita bisa menerjemahkannya sebagai memanejemen kemandirian bangsa, rakyat dan para petani dengan tugas-tugas yang kita miliki. Makin modern itu artinya kita menggunakan teknologi, alsintan, IT dan menggunakan artificial intelegent untuk memudahkan seluruh pekerjaan kita di manapun,” tuturnya.

Mentan SYL mengatakan bahwa pembangunan Kostra Tani merupakan proyek jangka panjang yang sudah dilengkapi sistem artificial intelligence atau kecerdasan buatan untuk membangun pertanian sampai sudut pinggiran.

“Kita akan tarik semua komponen di desa untuk bersatu membangun pertanian. Kita juga akan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas dalam mendukung program pertanian,” katanya.(srv)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03